Dinkes Kepsul Penyuluhan Bahaya Kusta dan TBC di Pulau Mangoli

SANANA – Tim penyuluh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar penyuluhan kesehatan tentang bahaya penyakit Tuberculosis (TBC) dan kusta pada sejumlah desa di Pulau Mangoli, Kamis (17/01/2019).

Selain penyuluhan, Dinkes juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis terhadap warga Desa Kawata, Waitamela, Bruakol dan Kaporo yang mengalami sakit kolestrol, asam urat, gula darah, maupun tekanan darah.

“Warga pun sangat merespon dan amat senang karena pelayanan yang dilakukan oleh tim P2 dari Dinkes ini langsung datangi ke desa-desa,” ungkap Saiful Makassar, salah satu anggota tim dari Dinkes Kepsul.

Saiful menjelaskan, melalui penyuluhan itu masyarakat bisa lebih mengenal bahaya penyakit TBC dan kusta sehingga mereka pun lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas terdekat.

“Karena memang hampir setiap minggu orang meninggal karena tidak tahu penyakit apa yang apa yang dideritanya,” ujar Saiful.

Lanjut dia, TBC dan kusta adalah penyakit menular. Itu sebabnya Dinkes menganggap penting kedua penyakit tersebut dilakukan penyuluhan ke masyarakat.

“Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, karena penyakit yang disebutkan ini, sudah ada obatnya, asalkan masyarakat mau memeriksakan diri ke puskesmas terdekat,” tandasnya.(ano/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tinjau Pelabuhan A. Yani, Komisi V DPR-RI Nilai Akses Jalan Tidak Memadai

Kam Jan 17 , 2019
SANANA – Tim penyuluh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menggelar penyuluhan kesehatan tentang bahaya penyakit Tuberculosis (TBC) dan kusta pada sejumlah desa di Pulau Mangoli, Kamis (17/01/2019). Selain penyuluhan, Dinkes juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis terhadap warga Desa Kawata, Waitamela, Bruakol dan Kaporo yang mengalami […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!