Polres Ternate Musnahkan Ribuan Liter Miras, Ratusan Knalpot Racing dan Speaker Mobil Berukuran Besar

TERNATE – Dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 di Kota Ternate yang aman dan tentram maka Polres Ternate, Jumat (21/12/2018) melakukan pemusnahan sejumlah barang haram dan terlarang hasil sitaan.

Barang terlarang dan haram dimaksud yakni ribuan liter minuman keras dari berbagai merk, ratusan knalpot racing dan puluhan speaker mobil berukuran besar.

Dari data yang dihimpun Malut Times, miras yang dimusnahkan diantaranya 100 botol bir, 2.432 liter miras jenis cap tikus ditambah lagi 1.175 liter miras jenis cap tikus hasil sitaan Direktorat Samapta Polda Maluku Utara sehingga jumlah keseluruhannya yakni 3.697 liter cap tikus.

Seluruh miras tersebut dimusnahkan dengan cara dituangkan seluruh isi miras itu ke galian tanah dengan luas volume galian kurang lebih 15 meter persegi bertempat di areal Pelabuhan Perikanan Nusantara Bastiong.

Sedangkan knalpot racing dan speaker mobil hasil sitaan K2YD (Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan) Jajaran Polres Ternate periode Juni – Desember 2018 tersebut dimusnahkan dengan cara digilas alat berat buldozer.

Uniknya dalam pemusnahan ini ada beberapa buah knalpot yang tak disangka memiliki harga fantastis perbuahnya. Diantaranya ada knalpot yang berharga 7 jutaan sampai 14 jutaan lebih.

Kapolres kota Ternate, AKBP Azhari Juanda kepada sejumlah awak media mengatakan, giat pemusnahan yang dilakukan pihaknya itu merupakan rangkaian awal persiapan pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019.

“Memasuki natal dan tahun baru, mari sama-sama kita jaga kedamaian dan ketentraman. Jang coba-coba mengkonsumsi miras, tidak menggunakan kenalpot racing, speaker mobil berukuran besar, karena itu sangat menggangu masyarakat lainnya,” kata Azhari usai kegiatan.

Azhari menuturkan, sitaan knalpot racing dan speaker mobil berukuran besar dilakukan pihaknya karena sudah banyak pengaduan dari masyarakat umum yang merasa terganggu oleh polusi suara, terlebih lagi saat melaksanakan ibadah.

“Untuk itu, sekarang saya imbau kepada masyarakat khususnya Kota Ternate, mulai saat ini tidak lagi menggunakan knalpot racing dan speakerker mobil berukuran besar, karena menggangu kenyamanan orang lain,” timpal Kapolres mengimbau.

Mantan Kapolres Tidore Kepulauan ini juga mengimbau agar masyarakat tidak mengonsumsi miras. Sebab, miras memberi dampak yang selalu mengarah pada tindakan kejahatan. Seperti pembunuhan, pemerkosaan, pencurian dan tindakan asusila lainnya.(ny/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dandim Ternate Tinjau Pos Satgas Pam Rahwana

Sab Des 22 , 2018
TERNATE – Dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 di Kota Ternate yang aman dan tentram maka Polres Ternate, Jumat (21/12/2018) melakukan pemusnahan sejumlah barang haram dan terlarang hasil sitaan. Barang terlarang dan haram dimaksud yakni ribuan liter minuman keras dari berbagai merk, ratusan knalpot racing dan puluhan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!