Polres Haltim Gelar Apel Pasukan dan Deklarasi Damai Pilkades 2018

MABA – Dalam rangka untuk menjaga keamanan dan kalancaran dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018, Polres Halmahera Timur (Haltim) melaksanakan apel gelar pasukan yang disertai dengan deklarasi damai Pilkades serentak, Selasa (18/12/2018).

Kapolres Haltim AKBP Driyano A. Ibrahim dalam amanatnya menyampaikan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarpras beserta unsur terkait sebelum diterjunkan ke lapangan dengan harapan, semua yang telah direncanakan serta dipersiapkan dapat berjalan secara optimal dalam rangka mensukseskan Pilkades serentak 2018 berdasarkan UUD 1945 dan diperkuat dengan Permendagri No. 65 Tahun 2017 tentang Pilkades.

“Maka jelas diketahui bahwa Pilkades juga merupakan wujud yang diikut sertakan oleh seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya di desa-desa,disamping itu juga sarana rakyat dalam rangka membentuk sistem pemerintahan yang sistematik yang berkedaulatan rakyat,” imbuhnya.

”Karena Pilkades serentak pasti terdapat berbagai potensi kerawanan untuk itu diperlukan perhatian serius dari kita semua untuk sekiranya dapat mengantisipasi agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkades serentak,” sambung Driyano.

Lanjutnya, Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri berkewajiban untuk mengawal menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkades serentak hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengarahkan segala sumber yang ada serta memperkokoh kerjasama dengan pihak pemerintah, penyelenggara Pilkades maupun pihak TNI dan masyarakat serta mitra keamanan lainnya agar pesta demokrasi ini dapat berlangsung aman jujur adil dan rahasia.

“Maka Polri akan mengedepankan giat preemtif dan preventif yang didukung dengan kegiatan intelijen dan penegakan hukum, di mana dalam implementasinya akan dilakukan pergelaran fungsi-fungsi kepolisian di lapangan dalam bentuk satuan tugas tingkat Polres dan Polsek- Polsek jajaran yang melibatkan seluruh anggota sebanyak 285 orang dan tentunya juga dengan bantuan dari TNI dan instansi terkait lainnya,” ujar Kapolres.

Seluruh anggota yang melaksanakan pengamanan akan disebarkan ke seluruh TPS di desa-desa mulai H-2 pemilihan, terutama wilayah yang jarak tempuhnya cukup jauh dan dianggap rawan terjadinya gangguan nyata terhadap kamtibmas maka akan menjadi prioritas untuk memperketat pengamanannya.

“Kepada seluruh anggota Polres dan Polsek jajaran agar secara aktif terus memperkokoh sinergitas dengan pihak penyelenggara, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya guna mendukung kesuksesan Pilkades tahun 2018,” harapnya.(tim/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polda Malut Gelar FGD Kamtibmas

Kam Des 20 , 2018
MABA – Dalam rangka untuk menjaga keamanan dan kalancaran dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018, Polres Halmahera Timur (Haltim) melaksanakan apel gelar pasukan yang disertai dengan deklarasi damai Pilkades serentak, Selasa (18/12/2018). Kapolres Haltim AKBP Driyano A. Ibrahim dalam amanatnya menyampaikan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!