Miliki ‘Nahkoda’ Baru, WALHI Tetap Berkomitmen Wujudkan WKR dan Kelestarian Ekologi

TERNATE – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Maluku Utara (Malut) resmi memiki nahkoda baru. Dia adalah Ahmad Rusydi Rasjid menggantikan Ismet Soelaiman sebagai Direktur Eksekutif Daerah (ED) melalui pemilihan yang digelar, Sabtu (15/12/2018) kemarin, di Kantor WALHI.

Pemilihan dilakukan melalui Forum tertinggi WALHI yakni Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH)-IV. Kegiatan tersebut mengamhil tema “Menuju Perwujudan Wilayah Kelola Rakyat (WKR) dan Kelestarian Ekologis”.

PDLH yang merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi Eksekutif Daerah WALHI tersebut, melibatkan juga 11 lembaga (NGO) di Malut sebagai Anggota Lembaga diantaranya, LBH Maluku Utara, LITERA Institut, PILAS, ELSIL, FAJARU, PAKATIFA, SALAM, FOSHAL, Studi Bahari (SBR), Sel KEPSUL, dan DAURMALA.

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh anggota-anggota individu, mantan pengurus WALHI Malut periode sebelumnya, komunitas pelajar Slavery, dan perwakilan Eksekutif Nasional WALHI.

Mantan Direktur ED WALHI Malut, Ismet Soelaiman dalam kesempatan itu mengatakan bahwa, penting untuk diingat bahwa WALHI bekerja atas dasar mandatoring rakyat. Dimana eksistensi WALHI sebagai organisasi jaringan yang mengemban misi sebagai organisasi perjuangan penegakan kedaulatan rakyat atas sumber-sumber kehidupan.

Menurut dia, mengacu pada konflik ruang yang semakin massif di Maluku Utara dimana warga desa selalu menjadi korban yang rentan kehilangan wilayah kelolanya akibat kebijakan struktural, maka pengkajian, penguatan, konsolidasi, Menuju Perwujudan Wilayah Kelola Rakyat dan Kelestarian Ekologi patut dikerjakan dan diperjuangkan.

“Kiranya ini peran posisi kita yang mesti dipahami oleh pengurus baru WALHI Malut,” harap Dante, sapaan akrab Ismet.

Sementara itu, Direktur terpilih Ahmad Rusydi Rasjid mengatakan, dirinya akan tetap membangun perjuangan lingkungan bersama dengan anggota lembaga maupun organisasi lainnya, demi menuju perwujudan Wilayah Kelola Rakyat dan Kelestarian Ekologi.

“Dukungan anggota lembaga sangat diharapkan untuk sama-sama mewujudkan cita-cita WALHI,” katanya.

Sekedar diketahui, kegiatan kemudian ditutup usai penyerahan dokumen secara simbolis kepada kepengurusan yang baru kemudian diselingi dengan pidato kepemimpinan, serta sejarah kronik perjalanan WALHI Malut.(tim/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dipersekusi, Duta Pendidikan Malut Polisikan Anak Wakil Walikota Ternate

Ming Des 16 , 2018
TERNATE – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Maluku Utara (Malut) resmi memiki nahkoda baru. Dia adalah Ahmad Rusydi Rasjid menggantikan Ismet Soelaiman sebagai Direktur Eksekutif Daerah (ED) melalui pemilihan yang digelar, Sabtu (15/12/2018) kemarin, di Kantor WALHI. Pemilihan dilakukan melalui Forum tertinggi WALHI yakni Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH)-IV. Kegiatan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!