Cemarkan Nama Kapolres Ternate di Medsos, Suleman Diringkus Polisi

TERNATE – Tim Reserse Mobile (Resmob) Polres Ternate mengamankan Suleman Hi. Hafel alias Eman (46 tahun) lantaran diduga melakukan pencemaran nama baik Kapolres Ternate, AKBP. Azahari Juanda serta institusi Polri melalui media social (medsos) facebook.

Wakapolres Ternate, Kompol. Jufri Dukomalomo dalam prees release mengatakan, Eman diamankan di salah satu rumah yang berlokasi di Jalan Jati Lurus, Kelurahan Jati, Lingkungan RT.004/RW.002, Kecamatan Ternate Selatan, sekira pukul 18:00 WIT, Senin (03/12/2018).

Jufri menjelaskan, modus pelaku dengan sengaja mengupload dan menyebar luaskan konten-konten negatif berupa ujaran kebencian dan berita hoax terhadap insitusi Polri khusnya Polres Ternate.

Selain itu juga, pelaku membuat dan mengupload tulisan-tulisan atau dengan konten yang disertai dengan pengancaman, penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap Kapolres Ternate, AKBP. Azahari Juanda.

“Karena dengan sengaja mendistribusikan, mentransmisikan konten melalui informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki muatan pengancaman, penghinaan dan pencemaran nama baik institusi Polri,” ujar Jufri, didampinggi Kasat Reskrim dan Kanit Tipiter Polres Ternate, Selasa (4/12/2018).

Menurutnya, awalnya pelaku loging di akun facebook miliknya atas nama Suleman Hi. Hafel melalui handphone kemudian mencari foto korban. Selanjutnya pelaku menggunakan aplikasi No Crop pada handphone miliknya mengedit dan mengupload konten yang bermuatan pengancaman, penghinaan dan pencemaran nama baik ini ke facebook.

“Barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu unit handphone serta beberapa barang bukti lainnya,” ujar Jufri.

“Untuk tindak lanjut dalam kasus tersebut, penyidik membuat dan megirimkan surat serta rekomendasi dengan tim Psikologi Polda Malut untuk dilakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap pelaku, pemeriksaan saksi-saksi yang mengetahui kejadian tersebut dan mencari bukti lain yang berkaitan,” sambunya.

Pelaku dijerat dengan Pasal 45 ayat (3) dan ayat (4) Junto pasal 27 ayat (3) dan ayat (4) UU No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elekronik (ITE).(ny/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polda Malut Gelar Peringatan HUT Poliarud ke-68

Sel Des 4 , 2018
TERNATE – Tim Reserse Mobile (Resmob) Polres Ternate mengamankan Suleman Hi. Hafel alias Eman (46 tahun) lantaran diduga melakukan pencemaran nama baik Kapolres Ternate, AKBP. Azahari Juanda serta institusi Polri melalui media social (medsos) facebook. Wakapolres Ternate, Kompol. Jufri Dukomalomo dalam prees release mengatakan, Eman diamankan di salah satu rumah […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!