Tuntut Benny Mundur Dari Jabatan, Ratusan ASN Lumpuhkan Aktivitas Kantor Bupati Morotai

DARUBA – Ratusan massa Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pulau Morotai bersama Koalisi Masyarakat Morotai Bersatu (KMMB) kembali menggelar aksi unjukrasa di depan Kantor Bupati Pulau Morotai, Senin (26/11/2018).

Berbeda dengan aksi sebelumnya, kali ini jumlah massa yang berunjukrasa makin bertambah banyak hingga aktivitas Kantor Bupati Pulau Morotai pun lumpuh total lantaran diboikot masa ASN.

Masa aksi masih membawa aspirasi yang sama dari aksi sebelumnya yakni menuntut agar Benny Laos mundur dari jabatan Bupati Pulau Morotai karena dianggap menyelewengkan jabatan dan tersandung sejumlah perkara hukum.

Koordinator aksi Mujril Hi. Daiyan, di tengah kerumunan masa menyampaikan, pihaknya mendesak agar KPK atau Kejagung segera menangkap Bupati Benny Laos. Tak hanya itu, pihaknya juga meminta agar Mendagri Tjahjo Kumolo mencopot Benny Laos dari jabatan Bupati Pulau Morotai.

Salah satu orator keterwakilan ASN, Ahmad Arif dalam orasinya mengatakan ASN di lingkup Pemkab Pulau Morotai sangat kecewa dengan kebijakan yang dibuat oleh Bupati Benny. Hampir dua tahun menjabat Bupati Benny dinilai sewenang-wenang mencopot dan memutasi ASN dan kepala SKPD.

LIHAT JUGA: Dituding Ingkar Janji Naikkan Harga Kopra, Muabdin : Pemerintah Hanya Menyiapkan Regulasi

“Memasuki dua tahun kepemimpinan Benny Laos ASN tidak sejahtera dan marasa seperti di jajah,” tegasnya.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Pulau Morotai, Hi. Arsyad Haya dalam aksi tersebut juga angkat bicara. Arsyad mengajak kepada semua masyarakat Pulau Morotai untuk bersama-sama melawan kebathilan dan kesewenangan Bupati Benny.

“Karena kami tidak ingin daerah ini kacau dan terpecah belah, untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat Pulau Morotai saling bergandeng tangan bersama melawan kebathilan yang ada saat ini,” tegasnya.

Meski digeruduk ratusan masa hingga kantor bupati pun lumpuh, namun amatan media ini Bupati Benny tak kunjung tampil merespon aksi tersebut lantaran tidak berada di tempat.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael P. Sitanggang menyampaikan imbauan agar masa tidak bertindak anarkis dan mematuhi aturan yang berlaku dalam menyampaikan aspirasi.

“Jangan kalian melakukan tindakan anarkis, merusak kantor bupati, karena ini adalah milik negara. Apa kalian mau bertanggubg jawab jika ada kerusakan yang terjadi terhadap aset negara,” tegas Mikael dihadapan masa aksi.

Ia pun mengatakan jika saja Bupati Benny berada ditempat tentunya dia pun sebagai Kapolres sudah akan memfasilitasi masa untuk bertemu langsung dengan Bupati Benny untuk menyampaikan aspirasinya.

“Kalau ada bupati dan pegawai didalamnya saya siap memfasilitasi kalian untuk bertemu dengan bupati, tapi memang didalam itu tidak ada bupati dan tidak ada pegawai yang masuk jadi kosong,” cetusnya.

Sementara itu, anggota DPRD Pulau Morotai, Rasmin Fabanyo yang ikut menyampaikan orasi, dalam kesempatan itu mengajak agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan situasi di Pulau Morotai saat ini.

Dia pun mengaku bahwa DPRD Pulau Morotai telah menyampaikan  secara resmi semua aspirasi ASN dan masyarakat Pulau Morotai ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“DPR secara kelembagaan sudah menyurat ke kementerian dalam negeri,” pungkasnya singkat.

Untuk diketahui, ada sebanyak tiga poin yang membuat masa aksi mendesak Bupati Benny mundur dari jabatannya.

Diantaranya, kebijakan Bupati Benny yang dinilai sewenang-wenang da  menyalahi aturan saat memecat atau memutasi PNS dan kepala SKPD. Bupati Benny pun diduga terlibat kasus dugaan korupsi gratifikasi dalam proyek jalan lingkar Halmahera maupun jalan lingkar Selatan Masohi. Benny pun dituduh telah melakukan penistaan agama sehingga membuat resah umat beragama di Kabupaten Pulau Morotai.(wan/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Danlanal Ternate Terima Kunker Tim Safari Personel TNI-AL

Sel Nov 27 , 2018
DARUBA – Ratusan massa Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pulau Morotai bersama Koalisi Masyarakat Morotai Bersatu (KMMB) kembali menggelar aksi unjukrasa di depan Kantor Bupati Pulau Morotai, Senin (26/11/2018). Berbeda dengan aksi sebelumnya, kali ini jumlah massa yang berunjukrasa makin bertambah banyak hingga aktivitas Kantor Bupati Pulau Morotai pun lumpuh […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!