Legu Gam 2019 Usung Goheba Internasional

TERNATE – Pesta rakyat atau labih dikenal dengan sebutan Lugu Gam Moloku Kie Raha yang akan dihelat pada Maret 2019 mendatang, dipastikan tampil berbeda dengan tahun sebelumnya.

Bagaimana tidak, panitia pelaksana yang dipimpin Hidayat Mudjafar Syah telah menetapkan, yang akan di tampilkan dalam acara tersebut adalah lambang Kesultanan Ternate yaitu Goheba Madopolo Romdidi atau Burung Berkepala Dua yang dikemas dalam kegiatan Festival Goheba Internasional.

“Simbol burung berkepala dua ini sudah ada sejak dulu, sebelum adanya Indonesia. Kesultanan Ternate adalah negara berdaulat yang sudah menjalin hubungan dengan negara lain. Sengaja simbol ini ditonjolkan dalam legu gam karena kami meyakini lambang negara seperti goheba ini sama seperti yang ada pada negara-negara eropa zaman dulu,” kata Hidayat Mudjafar saat menggelar konferensi pers di Pendopo Kadaton Kesultanan Ternate, Selasa (13/11/2019).

Menurutnya, kesaman simbol Goheba seperti yang digunakan oleh beberapa negara Eropa, menunjukan tingginya peradaban masa lalu Kesultanan Ternate, sehingga kejayaan itu coba dibangikitkan kembali dalam bentuk Festival Goheba Internasional.

“Dengan ini kita ingin membuka mata dunia akan kejayaan masa lalu Ternate yang coba kita bangkitkan kembali pada masa kini,” ujarnya.

“Ini sejalan dengan tema yang diusung pada Legu Gam 2019 yakni, Ternate sebagai Marcusuar Indonesia dan Indonesia sebagai Marcusuar Dunia, yang dicetuskan oleh Sultan Mudjafar Sjah. Kita akan coba menguji dan mewujudkan apa yang disampaikan oleh almarhum ayah kami, bahwa dari sinilah (Ternate) terjadi perubahan itu bermula, dari cengkih dan pala yang membuat bangsa asing datang kesini,” papar putra sulung mendiang Sultan Mudjafar Sjah ini.

Dia berjanji, akan menghadirkan sejumlah wisatawan asing dari Negara-negara yang memilki simbol serupa seperti Jerman, Yunani dan Negara Eropa lainnya.

“Total yang sudah kami selidiki itu ada sekitar 10 negara yang akan kami undang untuk memeriahkan kegiatan ini,” tukasnya.(ny/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kades Togoreba Sungi diduga Salewengkan Dana Desa Untuk Beli Mobil

Kam Nov 15 , 2018
TERNATE – Pesta rakyat atau labih dikenal dengan sebutan Lugu Gam Moloku Kie Raha yang akan dihelat pada Maret 2019 mendatang, dipastikan tampil berbeda dengan tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, panitia pelaksana yang dipimpin Hidayat Mudjafar Syah telah menetapkan, yang akan di tampilkan dalam acara tersebut adalah lambang Kesultanan Ternate yaitu […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!