Tolak Hasil Pilkades, Puluhan Warga Tabadamai ‘Geruduk’ Kantor Bupati Halbar

JAILOLO – Sengketa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali terjadi.

Kali ini datang dari Desa Tabadamai, Kecamatan Jailolo Selatan.

Puluhan warga dari desa tersebut mendatangi Kantor Bupati Halbar, Senin (12/11/2018) dan menyatakan penolakan terhadap hasil Pilkades lantaran menduga adanya pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu calon kades.

Koordinator aksi Rivai Imam ditengah kerumunan masa, menyatakan pihaknya menduga ada mobilisasi masa pemilih dari luar Desa Tabadamai yang dilakukan oleh salah satu calon kades dibantu Kepsek SMP Negeri 8 Jailolo Selatan, Yasin Selamat. Pemilih ‘siluman’ itu didatangkan dari Pulau Makian dan Kota Ternate.

Rivai menjelaskan, pihaknya menaruh dugaan adanya mobilisasi masa pemilih ketika terjadi perubahan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Tabadamai yang mulanya hanya sekitar 400 jiwa lebih bertambah menjadi 600 jiwa lebih pada saat H-1 jelang pemungutan suara.

“Kami juga kantongi semua bukti DPT. Dalam DPT tersebut ketua panitia pilkades telah melakukan mobilisasi masyarakat dari luar desa yakni dari Pulau Makian dan Ternate untuk ikut serta mencoblos di desa kami, Desa Tabadamai,” cetusnya.

Atas dugaan tersebut Rivai pun menegaskan pihaknya mendesak agar Pemerintah Kabupaten Halbar untuk membatalkan hasil Pilkades Tabadamai.

“Jadi kami meminta agar pemda membatalkan pilkades Tabadamai dan menunda pikades hingga 2020. Serta Kepsek SMP Negeri 8 harus dicopot dari jabatannya,” tegas dia.

Terpisah, Sekda Halbar Syahril Abdurajak yang merespon aspirasi masa aksi dalam hearing bersama menjanjikan bahwa permasalahan yang disampaikan masa aksi akan diteruskan olehnya ke Bupati Halbar, Danny Missy.

“Persoalan ini akan dilaporkan kepada bupati dan akan ditindaklanjuti dengan mengirimkan panitia pilkades kabupaten guna melakukan kroscek kebenaran dari permasalahan tersebut,” jelas Syahril menjanjikan.(wn/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Aniaya Wartawan, Oknum Pendukung AHM-Rivai Dipolisikan

Sen Nov 12 , 2018
JAILOLO – Sengketa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali terjadi. Kali ini datang dari Desa Tabadamai, Kecamatan Jailolo Selatan. Puluhan warga dari desa tersebut mendatangi Kantor Bupati Halbar, Senin (12/11/2018) dan menyatakan penolakan terhadap hasil Pilkades lantaran menduga adanya pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!