Sampah Berserakan di Kelurahan Ini Bikin Wakapolda Malut “Geleng Kepala”

TERNATE – Meski sudah berulangkali dilakukan sosialisasi sadar sampah, namun nampaknya masalah lingkungan itu terus mewabah di Kota Ternate. Terlebih lagi pada kawasan yang dianggap kumuh seperti di Kelurahan Makassar Timur, Kecamatan Kota Ternate Tengah.

Tumpukan sampah berserakan di kelurahan yang sebagian pemukimannya berada di atas air payau ini membuat Wakapolda Maluku Utara (Malut) Kombespol Pol Lukas Arry Dwiko Utomo ikut prihatin.

Wakapolda Lukas yang menyaksikan secara langsung sampah yang berserakan saat menggelar gowes bersama sejumlah awak media, Minggu (11/11/2018) mengatakan, masalah sampah seperti yang dilihatnya itu disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya merasa prihatin, karena tidak ada kesadaran dari masyarakat, kalau lingkungannya tidak di jaga kan, kesehatan masyarakat juga akan terganggu” kata Lukas.

Dia berharap masyarakat di lingkungan tersebut dapat segera terpanggil dan bergotong royong untuk membersihkan sampah yang telah merusak pemandangan.

Menyikapi masalah sampah tersebut, Asfarinal pemerhati lingkungan di Kota Ternate menyatakan, sebenarnya sampah itu dapat dimanfaatkan dengan didaur ulang sehingga bisa mendatangkan pundi pundi rupiah bagi masyarakat.

Untuk itu, jika sampah dibiarkan berserakan tidak dibuang pada tempatnya atau tidak dimanfaatkan maka sebaliknya yang diterima masyarakat hanyalah kerugian, karena lingkungan menjadi tidak sehat dan mendatangkan berbagai penyakit.

“Sebenarnya sampah jenis botol bekas itu ada nilai jual, karena bisa di buat karya-karya kreatif, yang dapat di jual,” tukasnya.(ny/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gempa Magnitudo 5,5 di Halbar, Belum Ada Laporan Kerusakan

Ming Nov 11 , 2018
TERNATE – Meski sudah berulangkali dilakukan sosialisasi sadar sampah, namun nampaknya masalah lingkungan itu terus mewabah di Kota Ternate. Terlebih lagi pada kawasan yang dianggap kumuh seperti di Kelurahan Makassar Timur, Kecamatan Kota Ternate Tengah. Tumpukan sampah berserakan di kelurahan yang sebagian pemukimannya berada di atas air payau ini membuat […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!