DPMPD Halbar Terima Laporan Sengketa Pilkades Dua Desa

JAILOLO – Meski awalnya diklaim lancar dalam pelaksanaan pemungutan suara, namun sejumlah desa dari 71 desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) malah bersengketa.

Buktinya, sebanyak dua desa telah memasukkan laporan pelanggaran Pilkades ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Halbar. Diantaranya yakni Desa Goro Goro Kecamatan Sahu dan Desa Tacici Kecamatan Sahu Timur.

“Untuk saat ini baru dua desa di Halbar yang melaporkan pelanggaran Pilkades kepada  kami selaku dinas yang menangani pemilihan dan juga selaku panitia kabupaten,” kata Asnath Sowo, Kepala DPMPD Halbar, Kamis (08/11/2018).

Dijelaskan, berdasarkan laporan yang diterima pihaknya untuk permasalahan pilkades Desa Goro Goro yakni polemik dugaan ijazah palsu salah satu calon kades yang juga berhasil meraih perolehan suara terbanyak pada Pilkades di desa tersebut.

Sementara laporan dari Desa Tacici permasalahannya yakni terkait dugaan pemalsuan dokumen keluarga salah satu calon kades.

“Jadi laporan pelanggaran di dua desa ini memang berbeda,” katanya.

Terpisah dari laporan itu, Asnath menambahkan, bagi desa yang tidak bermasalah atau bersengketa hasil Pilkades bakal dilakukan pelantikan kades terpilih sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan yaitu pada tanggal 29 Desember 2018 mendatang.(wn/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Investor Spanyol Bakal Bangun Galangan Kapal di Ratem

Jum Nov 9 , 2018
JAILOLO – Meski awalnya diklaim lancar dalam pelaksanaan pemungutan suara, namun sejumlah desa dari 71 desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) malah bersengketa. Buktinya, sebanyak dua desa telah memasukkan laporan pelanggaran Pilkades ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Halbar. Diantaranya yakni Desa […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!