Bawaslu Mulai Tertibkan Alat Peraga Kampanye Langgar Aturan

TERNATE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate melalui Panitia Pengawas kecamatan (Panwascam) Ternate Tengah mulai menertibkan alat peraga kampanye sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang pemasangannya dinilai melanggar aturan.

Ketua Panwascam Ternate Tengah, Ismun Buamona mengatakan, penertiban ini dilakukan sesuai perintah UU No. 7 Tahun 2017 dan atas kesepakatan bersama antara Bawaslu, KPU dan Pemerintah Kota Ternate.

“Penertiban baliho ini tidak secara keseluruhan, hanya pada titik-titik yang dianggap menyalahi aturan seperti di lingkungan rumah ibadah, kantor pemerintahan, lingkungan sekolah dan tempat-tampat yang dilarang lainnya,” kata Ismun kepada wartawan di sela-sela peroses penertiban, Rabu (07/11/2018).

Sebelum melakukan penertiban, pihaknya sudah melakukan identifikasi, termasuk alat peraga kampanye yang tidak masuk dalam kategori tempat yang dilarang.

“Memang, setelah diidentifikasi ada baliho yang tidak berada pada lingkungan atau titik-titik yang dilarang, namun hasil kesepakatan Bawaslu, KPU dan Pemkot Ternate di anggap menyalahi estetika Kota dan mengganggu aktivitas orang seperti di depan masjid, taman kota, trotoar dan di tiang listrik,” ujar Ismun.

Ia berharap, parpol khususnya para caleg agar ketika memasang alat peraga kampanye seperti stiker, baliho maupun spanduk agar memperhatikan aturan dan kesepakatan yang sudah di atur secara bersama.

“Kami akan terus pantau terus dan mengidentifikasi stiker, baliho maupun spanduk yang melanggar aturan,” pungkasnya.

Sekedar untuk diletahui, dari pantauan di lapangan, Panwascam Ternate Tengah menyisir sejumlah baliho maupun spanduk yang ada di wilayah Kota Ternate Tengah yang di duga melanggar estetika.

Dimulai dari Kelurahan Kalumpang, Salahudin, Tanah Masjid hingga Kelurahan Kota Baru. Alhasil, puluhan baliho dan spanduk berhasil di tertibkan.(ny/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dishub dan Syahbandar Kedi Musnahkan Puluhan Life Jacket

Rab Nov 7 , 2018
TERNATE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate melalui Panitia Pengawas kecamatan (Panwascam) Ternate Tengah mulai menertibkan alat peraga kampanye sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang pemasangannya dinilai melanggar aturan. Ketua Panwascam Ternate Tengah, Ismun Buamona mengatakan, penertiban ini dilakukan sesuai perintah UU No. 7 Tahun 2017 dan atas kesepakatan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!