Senin, September 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Pemkab Halbar Siap Ekspor Rumput Laut ke Surabaya

Pemkab Halbar Siap Ekspor Rumput Laut ke Surabaya

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mulai mendorong potensi budidaya rumput laut.

Kepala DKP Halbar, Agustinus ketika dikonfirmasi, Kamis (01/11/2018) mengatakan, saat ini pengembangan budidaya rumput laut sudah dilakukan oleh kelompok masyarakat sehingga ditargetkan hasil panen bisa capai 50 ton per bulan.

“Budidaya rumput laut saat ini sudah berkembang, sehingga ditargetkan per bulan 50 ton rumput laut bisa di ekspor ke surabaya,” katanya.

Menurut dia, untuk lebih meningkatkan potensi budidaya rumput laut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halbar dalam hal ini, DKP akan menyiapkan lahan di beberapa wilayah yakni di Desa Sidangoli Dehe, Desa Ake Ara dan Desa Dudinga, Kecamatan Jailolo Selatan. Selain itu juga di Kecamatan Loloda lahan yang sudah disiapkan.

“Jadi lahan juga kita sudah siapkan, sehingga potensi rumput laut di halbar akan terus dikembangkan,” ujarnya.

“Dorongan untuk mengembangkan potensi rumput laut di Halbar, karena saat ini sudah ada Investor dari Surabaya yang siap mengambil hasil rumput laut dari harbar, makanya kesiapan untuk menjawab permintaan investor saat ini sudah disiapkan,” sambung Agustinus.

“Intinya kami sudah siap, ketika ada permintaan dari investor untuk menyiapkan rumput laut,” pungkasnya.(wn/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!