DPM-PD Halbar Bersinergi dengan BLM Ambon Gelar Pelatihan Budidaya Tanam

  • Whatsapp

JAILOLO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Halmahera Barat (Halbar) bersama Balai Latihan Masyarakat (BLM) Ambon bersinergi dalam Program Pelatihan Budidaya Tanaman Pangan angkatan IV.

Pelatihan budidaya tanaman pangan angkatan IV yang diselenggarakan di Kecamatan Sahu Timur itu, dimulai sejak tanggal 24 – 30 Oktober 2018 kemrain, di fokuskan di enam desa, diantaranya, Desa Awer, Cempaka, Ngaon, Gamsungi, Gamyial dan Desa Cempaka.

Kepala DPM-PD Halbar, Asnath Sowo kepada maluttimes.com, Rabu (31/10/2018) mengatakan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDT) mengacu pada 4 prioritas utama yaitu, Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), pembangunan Embung dan Pembangunan sarana olah raga desa.

Sasaran akhir pembangunan masyarakat desa adalah terwujudnya desa sebagai bagian pertumbuhan sosial dan ekonomi yang tumbuh dan berkembang secara mandiri dan berkelanjutan.

“Salahsatu upaya untuk mewujutkan sasaran tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyaraka desa melalui Pelatihan Budidaya Tanaman Pangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pada hakekatnya pelatihan masyarakat desa merupakan upaya untuk menumbuhkan motivasi, meningkatkan kualitas dan kemampuan serta mendorong perubahan perilaku masyarakat desa kearah swadaya.

“Pelatihan Budidaya Tanaman Pangan bagi masyarakat desa diharapkan dapat memanfaatkan lahannya secara optimal sesuai potensi di desa sehingga ketersediaan pangan masyarakat akan terpenuhi, seiring perkembangan teknologi, maka Pelatihan masyarakat sangat baik untuk melatih masyarakat untuk selalu berinovasi,” pungkasnya.(wn/red)

Pos terkait