Warga Binaan Lapas Ternate Peringati Hari Sumpah Pemuda yang ke-90

TERNATE – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II.A Ternate, Provinsi Maluku Utara menggelar upacara keniakan bendera Merah Putih memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 Tahun 2018, Senin (29/10/2018).

Upacara di halaman  Lapas Ternate itu dimulai pukul 07:30 WIT, diikuti oleh seluruh pegawai berseragam batik Korpri dan seluruh warga binaan alias narapidana dengan seragam biru.

Dalam peringatan hari sumpah pemuda tahun ini, Lapas Kelas II.A Termate mengusung tem, “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi yang dibacakan Kalapas Kelas II.A Ternate, Muji Widodo saat bertindak sebagai inspektur upacara, menekankan bahwa, “pada dasarnya kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1982 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia,” tegas Muji, meneruskan sambutan Menpora.

Lanjut dia, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatakan kapasitas pengetahuan dalam perkembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif,

“Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari Hoax, Hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” cetusnya.

Maka dari itu kata Muji, revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Oleh karena itu revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” tegasnya lagi.

Sementara itu, yang menarik dalam pelaksanaan upacara itu, semua personel upacara mulai dari ajudan, Perwira upacara, pengibar bendera, MC, pembaca teks pembukaan, UUD 1945, pembaca teks kongres pemuda, sampai paduan suara adalah para warga binaan yang terlatih sehingga pelaksanaan upacara berlangsung cukup khidmat.

Dalam upacara memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-90 Tahun 2018 ini, dibacakan juga Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928.(ny/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPM-PD Halbar Bersinergi dengan BLM Ambon Gelar Pelatihan Budidaya Tanam

Kam Nov 1 , 2018
TERNATE – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II.A Ternate, Provinsi Maluku Utara menggelar upacara keniakan bendera Merah Putih memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 Tahun 2018, Senin (29/10/2018). Upacara di halaman  Lapas Ternate itu dimulai pukul 07:30 WIT, diikuti oleh seluruh pegawai berseragam batik Korpri dan seluruh warga binaan alias narapidana […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!