Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Pemkab Halbar Siap Pulangkan Warganya yang ada di Sulteng

Pemkab Halbar Siap Pulangkan Warganya yang ada di Sulteng

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) siap memulangkan warganya yang saat ini masih berada di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Rencana pemulangan itu setelah Bupati Danny Missy memerintahkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Pemkab Halbar, Vence Muluwere mengunjungi warga Halbar yang ada di Palu, Sigi dan Donggala.

Dalam kunjungan tersebut, warga Halbar yang berhasil diidentifikasi sebanyak 50 orang. 35 warga yang siap dipulangkan menggunakan kapal pada Jumat (26/10/2018).

“Pasca gempa dan tsunami beberapa waktu lalu, banyak warga mengalami trauma, sehingga warga halbar harus dipulangkan untuk pemulihan trauma bagi anak anak,” kata Vence Muluwere saat dikonfirmasi, Kamis (25/10/2018).

Ia menambahkan, pemkab Halbar saat ini masih terus melakukan identifikasi warga Halbar yang ada di Palu, Sigi dan Donggala. Karena warga yang pinda ke Palu, Sigi dan Donggala tidak melapor ke Pemkab, sehingga Pemkab masih terus berupaya untuk mencaritahu semua warga yang ada di Sulteng.

“Data warga Halbar di Sulteng yang kami kantongi saat ini adalah data dari tim relawan kemanusiaan dari halbar yang ada di Palu, sehingga Pemkab berencana memulangkan warga Halbar yang ada di Sulteng,” katanya.

Sementara itu, Koordinator tim Relawan Halbar, Nanang Amas mengapresiasi langka Pemkab Halbar untuk memulangkan warga halbar yang ada di Sulteng.

Menurutnya, dari 50 warga Halbar itu sebagian besar masih berstatus Siswa dan Mahasiswa.

“Kami juga berterimakasih kepada Pemuda Pabos Jailolo dan OKP yang ada di Halbar yang turut berpartisipasi untuk pemulangan warga halbar yang ada di Sulteng,” pungkasnya.(wn/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!