Minggu, Oktober 17, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Sengketa Pilkades Desa Tewe Selesai diproses

Sengketa Pilkades Desa Tewe Selesai diproses

JAILOLO – Sengketa pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang terjadi di tiga desa wilayah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) belum seluruhnya tuntas diselesaikan. Saat ini baru Desa Tewe yang selesai diproses sengketanya. Sedangkan Desa Sidangoli Gam dan Desa Hoku-hoku Gam masih dalam proses penyelesaian.

Penyelesaian sengketa Pilkades Desa Tewe ini dilakukan dengan cara panitia desa mengakomodir kembali duacakades yang sebelumnya digugurkan yakni Ferdinan Tonjou dan Damais Saboi.

“Setelah dilihat dari laporan dan dilakukan penelitian data, dua cakades tersebut berkasnya memenuhi syarat, makanya keduanya diakomodir dan langsung dilakukan pengundian nomor urut, sehingga desa Tewe tidak ada lagi masalah,” ungkap Ketua Panitia Kabupaten Hi. Fakar Lilla ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/10/2018).

Sementara Desa Sidangoli Gam dan Hoku-hoku Gam diberikan waktu untuk menyelesaikan masalahnya. Ditegaskan, jika tidak bisa diselesaikan maka proses pilkades di dua desa tersebut di tunda hingga 2020 mendatang.

“Kita berikan waktu kepada panitia desa hingga besok hari kamis, jika belum diselesaikan maka proses pilkades di dua desa gersebut kita tunda,” tegasnya.

Ia menambahkan, panitia kabupaten saat ini sudah mulai menyiapkan distribusi logistik. “Jadi kalau ada masalah di desa sudah harus diselesaikan besok. Karena persiapan logistik sudah dilakukan,” pungkasnya.(wn/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!