Geger Isu Tsunami, Warga Tiga Desa di Morotai Mengungsi

DARUBA – Masih membekas diingatan atas peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng) baru-baru ini, beberapa hari terakhir, warga Kabupaten Pulau Morotai yang tinggal di pesisir pantai digegerkan oleh isu akan terjadi tsunami.

Entah dari mana isu itu berasal, yang pasti hampir seluruh warga desa yang bermukim di pesisir pantai mendengarnya.

Kabar itu tersebar cepat dari mulut ke mulut. Alhasil, warga panik. Mereka kemudian mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Seperti yang terpantau maluttimes.com, Selasa (23/10/2018) tadi, warga tiga desa yakni Desa Mandiri, Totodoku dan Joubella, Kecamatan Morotai Selatan, sudah mengungsi ke kebun dan tempat yang dianggap aman jika terjadi tsunami.

Kepala desa Totodoku, Kamsul A. Lating ketika ditemui reporter maluttimes.com, membenarkan bahwa sebagian warganya sudah mengungsi ke kebun lantaran beredar isu akan terjadi gempa dan tsunami di daerah Morotai.

“Iya benar warga saya saat ini panik dan memilih mengungsi, meskipun saya sudah bilang semua itu kuasa Tuhan, tapi mereka trauma dengan peristiwa seperti yang terjadi di Palu, Sulteng,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BPBD Morotai, Delik Gafur ketika dokonfirmasi mengatakan, pihaknya akan mengkroscek beredarnya informasi tersebut.

“Kami menunggu informasi dari kapala desa, kalu ada laporan dari kapala desa maka kami akan turunkan staf untuk turun dilapangan, dan besok kami akan turun untuk cek di lapangan apa benar tau tidak warga yang mengungsi,” singkatny.

Hingga berita ini diterbitkan, sebagian warga yang berada di desa Totodoku masih bertahan di kebun maupun rumah sanak saudara mereka yang berada di dataran tinggi.(wan/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TNI-AU bantu Program Pemerintah, Tingkatkan SDM Pendidikan

Sel Okt 23 , 2018
DARUBA – Masih membekas diingatan atas peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng) baru-baru ini, beberapa hari terakhir, warga Kabupaten Pulau Morotai yang tinggal di pesisir pantai digegerkan oleh isu akan terjadi tsunami. Entah dari mana isu itu berasal, yang pasti hampir seluruh warga desa yang bermukim […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!