Bawaslu Malut Akui Ada Dugaan Pelanggaran saat PSU

  • Whatsapp
Aslan Hasan

TERNATE – Proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Maluku Utara Tahun 2018 di beberapa kabupaten telah usai dilaksanakan, Rabu (17/10/2018) kemarin. Namun masih menuai sejumlah problem yang terindikasi adanya pelanggaran Pemilu baik sebelum pelaksanaan pencoblosan maupun sesudah di wilayah PSU Kecamatan Sanana dan Kecamatan Taliabu Barat.

Dugaan pelanggaran itu diantaranya, money politik serta keterlibatan oknum polisi sebagai petugas KPPS.

Komisioner Bawaslu Maluku Utara, Aslan Hasan mengatakan, jajarannya telah menemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan tim dan paslon AGK-YA. Semua temuan lapangan kini telah ditindaklanjuti oleh Bawaslu Kepsul dan Pulau Taliabu. “Sekarang sudah ditindaklanjuti,” kata Aslan, Kamis (18/10/2018).

LIHAT JUGA: Viral Foto Bagi Uang, AGK: Uang Itu untuk Warga yang Sakit 

Aslan mengaku, pihaknya sudah memerintahkan jajaran Bawaslu Kabupaten untuk segera memanggil pihak-pihak seperti yang terkait baik di video maupun foto yang sudah di kantongi.

LIHAT JUGA: Paslon AGK-YA Gelar Konferensi Kemenangan Pilgub Malut 

“Tadi rapat koordinasi saya langsung perintahkan Bawaslu Sula (Kepsul) tempatkan sebagai temuan, registrasi bikin koordinasi dengan Gakkumdu hari ini bahas dan tindaklanjuti, panggil dan periksa. Hari ini semua harus dipanggil, dilayangkan undangan klarifikasinya oleh Bawaslu,” tegas Aslan.

Selain temuan lapangan, Bawaslu juga menerima laporan dugaan money politik ini, hanya saja kasus yang sama telah menjadi temuan lebih dulu, maka tanpa laporanpun Bawaslu tetap mengutus sesuai ketentuan hukum.

“Ada laporan dari tim relawan AHM-RIVAI, tapi karena laporannya sama dan temuan lebih dulu dari laporan, jadi ditindaklanjuti saja tanpa menunggu laporan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, disaat pencoblosan, sedang berlangsung agenda Forkopimda Provinsi Maluku Utara yang terdiri dari Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) yang juga calon petahana, Ketua DPRD Provinsi Alien Mus, Kapolda Malut, Danrem 152 Babullah serta Kapolres Kepsul memantau ke sejumlah TPS di Kecamatan Sanana Kabupaten Kepualan Sula (Kepsul). AGK juga turun di beberapa poskonya dan salah satu rumah warga yang dilanda kesusahan.(red)

Pos terkait