Rabu, Oktober 27, 2021
Home > EKONOMI > Harga Bensin Eceran di Taliabu Meroket

Harga Bensin Eceran di Taliabu Meroket

BOBONG – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin eceran di wilayah Bohong, Kabupaten Pulau Talian, Provinsi Maluku Utara melonjak naik beberapa pekan ini.

Berdasarkan data yang dikantongi maluttimes.com, Sabtu (06/10/2018) menyebutkan, harga bensin eceran yang dijual saat ini kepada masayarakat seharga Rp. 13.000 per setengah botol air mineral ukuran besar (botol aqua). Sedangkan ukuran film botol aqua besar dihargai Rp. 20.000.

Padahal, seharusnya harga Premium yang di tetapkan APMS Bobong, Pulau Taliabu yang sesuai dengan harga Nasional adalah Rp. 6.450 per liter. Sementara harga jual sub penyalur atau pangkalan sebesar Rp. 8.500 dan harga pangkalan ke pengecer (depot) sebesar Rp. 10.000.

Terpisah, Direktur APMS Taliabu, Muhaymin Syarif mengatakan, pihaknya tidak berwenang untuk membatasi para pengecer untuk menemukan harga. Namun menurutnya, hal ini menunjukan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat tidak melakukan penertiban terhadap pengecer.

“Saya kira itu bukan domain ataupun kewenangan kami untuk membatasi mereka (pengecer.red). karena yang memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk menentukan HEAT adalah pemerintah daerah setempat,” ujarnya.

Menurut dia, ini dikarenakan seluruh Perijinan yang dikantongi oleh pelaku isaha BBM baik itu pangkalan maupun pengecer bersumber dari Pemda setempat.

“Sehingga idealnya dalam memberikan ijin bagi pelaku usaha komersil Pemerintah sudah harus menerapkan sistem Reword And Panicment agar sekaligus menjadi bingkai regulasi bagi semua pelaku usaha dimanapun baik itu yang bergerak dibidang BBM maupun disektor lainnya,” pungkasnya.(tmi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!