BKSDA Lepas 120 Ekor Ketam Kenari di Pantai Jikomalamo

  • Whatsapp

TERNATE – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Ternate, Maluku Utara bersama Polres Ternate dan Kejaksaan Negeri Ternate melepas sebanyak 120 ekor Ketam Kenari (Birgus Latro) di pantai Jikomalamo Ternate, Sabtu (06/10/2018). Ratusan Ketam Kenari ini adalah hasil sitaan penyelundupan dari Raja Ampat.

Abas Hurasan, Kepala BKSDA Wilayah I Ternate, Maluku Utara Abas Husran kepada sejumlah wartawan mengatakan, barang bukti ini adalah hasil tangkapan dari polisi kehutanan, tetapi prosesnya sudah diserahkan ke Polres Ternate.

“Barang buktinya di titipkan kepada kami, dan kami sudah berkoordinasi serta hari ini dilakukan pelepasan barang bukti tersebut,” katanya.

“Untuk dua tersangkanya masing-masing berinisial JM (53) dan DM (22) berdasarkan interogasi kedua pelaku menyelundupkan hewan di lindungi ini dari Raja Ampat tujuannya ke Manado,” sambung Abas.

Lanjut dia, ketam kenari ini khusus di Maluku Utara di jadikan hewan buruh tetapi melalui prosedur alias harus ada ijin. “Namun kalau diambil dari luar Maluku Utara maka itu sebagai satwa yang di lindungi,” pungkasnya.(ny/red)

Pos terkait