Ini Penjelasan Polda Malut terkait Dugaan Intervensi DPT di Taliabu

TERNATE – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Brigjen Pol Naufal Yahya, dengan tegas membantah adanya intervensi anggota jajarannya di Polsek Kecamatan Taliabu Barat yang melakukan pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang Perhitungan Suara Ulang (PSU) Pilgub Maluku Utara di Kecamatan Pulau Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu.

Kepolda Malut melalui Kepala Bidang Humas, AKBP Hendry Badar dalam konferensi persnya, Jum’at (05/10/2018) mengatakan, setelah mengkroscek informasi yang menyebutkan oknum anggota Polsek Taliabu Barat mendatangi rumah milik Darwin Masuku alias Bambang tidaklah benar adanya.

LIHAT JUGA: Polda Malut usul PTDH Tiga Anggota Kasus Narkoba

“Darwin Masuku alias Bambang mengatakan tidak pernah ada anggota Polsek Taliabu Barat datang kerumah yang bersngkutan. Jadi dia tidak merasa sama sekali dia didatangi oleh anggota Polri,” kata Hendry meneruskan keterangan Darwin Masuku.

Lanjutnya, terkait dengan dokumentasi foto yang beredar adalah adalah foto proses pencermatan DPT atau dikenal dengan coklit di kediaman Kepala Desa Bobong.

“Dalam pencermatan itu dihadiri Komisioner KPUD Taliabu, saksi dari Paslon nomor urut 3, Ketua PPS bersama anggota, ketua PPL bersama anggota kemudian dari pihak Polsek Taliabu Barat,” jelas Hendry sembari menunjukkan foto.

LIHAT JUGA: Bawaslu Malut Agendakan Pemanggilan KPU Taliabu

Lebih jauh dijelaskan, didalam berita acara tentang rapat bersama pencermatan DPT tertanggal 26 September 2018, poin ketiga menyebutkan, pencermatan di 13 desa di Taliabu Barat sesuai dengan surat kesepakatan bersama dari KPUD, Bawaslu, Tim Kampanye nomor urut 1,2,3 dan 4, Dukcapil, Polsek Taliabu Barat dan Koramil Bobong.

“Sehingga kehadiran anggota Polsek Taliabu Barat dalam giat pencermatan itu sudah sesuai dengan kesepakatan semua pihak, tidak dilakukan secara sepihak,” tegsanya.

LIHAT JUGA: Bawaslu Taliabu ‘Sita’ Puluhan Formulir Rekrutmen Relawan AGK-YA

“Jadi keterlibatan anggota Polsek Taliabu Barat dalam intervensi DPT adalah tidak benar. Karena saat pelaksanaan itu dihadiri oleh semua pihak. Begitu juga yang disampaikan anggota Aiptu Muh. Iksan Rery bahwa dirinya tidak pernah mendatangai kediaman saudara Darwin Masuku,” tegasnya lagi.

LIHAT JUGA: Oknum Polisi di Taliabu Diduga Lakukan Pendataan DPT di Wilayah PSU

“Kami berharap ini segera di klarifikasi dan diluruskan. Sebab kehadiran anggoat itu secara terbuka untuk menyaksikan pencermatan yang sedang dilakukan pada saat itu shingga transparan dan dipertanggungjawabkan secara akuntabel,” pungkas Hendry.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bawaslu Malut Agendakan Pemanggilan KPU Taliabu

Jum Okt 5 , 2018
TERNATE – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Brigjen Pol Naufal Yahya, dengan tegas membantah adanya intervensi anggota jajarannya di Polsek Kecamatan Taliabu Barat yang melakukan pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang Perhitungan Suara Ulang (PSU) Pilgub Maluku Utara di Kecamatan Pulau Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu. Kepolda Malut melalui […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!