Tim Hukum AHM-RIVAI Minta Bawaslu Malut Awasi Proses Pendataan DPT di Kepsul dan Taliabu

TERNATE – Tim hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-RIVAI) meminta Bawaslu Provinsi Maluku Utara segera mengawasi proses pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) serta Kabupaten Pulau Taliabu.

Hal ini disampaikan Fahrudin Maloko, SH. perwakilan tim hukum AHM-Rivai dalam konferensi persnya, Senin (01/10/2018). Ia mengatakan, berdasarkan yang diperoleh, KPU dan Bawaslu melakukan pendataan DPT tidak sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi No: 36/PHP.GUB-XVI/2018.

“Informasi yang kami dapat bahwa, KPU dan Bawaslu lakukan pendataan dari rumah ke rumah itu kan gak boleh. Kalau door to door itu namanya cocklit. Karena, dalam putusan Mahkamah Konstitusi hanya terdapat 6 desa sementara kecamatan Sanana dan Taliabu Barat tidak lagi seperti itu,” katanya.

LIHAT JUGA: Dinilai Langgar UU, Bawaslu Malut diminta Tindak Cagub Petahana

Menurut Fahrudin, KPU dan Bawaslu di dua kabupaten tersebut hanya bisa melakukan pencermatan DPT itupun kalau diperintahkan oleh KPU Provinsi Maluku Utara berdasarka ketentuan PKPU No. 8 Tahun 2018.

“Seharusnya KPU dan bawaslu melakukan pencermatan atau pencocokan DPT pada dinas dukcapil setempat saja, tidak lagi lakukan coklit itupun kalau diperintahkan oleh KPU Provinsi,” ujarnya.

Olehnya itu, atas nama tim hukum AHM-Rivai, Fahrudin meminta kepada Bawaslu Provinsi Maluku Utara segera melakukan pengawasan kepada penyelengara di kedua kabupaten tersebut.

“Kami minta agar Bawaslu Provinsi mengawal ini dan mengkroscek KPU dan Bawaslu di kedua kabupaten, sebab jika terjadi pengurangan DPT yang signifikan seperti di kecamatan sanana sangat merugikan klien kami,” pintanya.(tim/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinilai Langgar UU, Bawaslu Malut diminta Tindak Cagub Petahana

Sen Okt 1 , 2018
TERNATE – Tim hukum pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-RIVAI) meminta Bawaslu Provinsi Maluku Utara segera mengawasi proses pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) serta Kabupaten Pulau Taliabu. Hal ini […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!