Senin, September 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Barat > Kepala BNNP Malut Kunker ke Halbar Kuatkan Lembaga Rehabilitasi

Kepala BNNP Malut Kunker ke Halbar Kuatkan Lembaga Rehabilitasi

JAILOLO – Kepala BNNP Maluku Utara (Malut) Brigjen Pol. Dr. Benny Gunawan, SH.MH, Rabu(26/09/2018) tadi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Kunjungan tersebut dalam rangka menguatkan lembaga rehabilitasi pemerintah RSUD dengan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan antara BNNP Malut dengan pihak RSUD Jailolo sebagai sarana rehabilitasi instansi pemerintah dan monev ke klinik rehabilitasi milik masyarakat.

PKS tersebut isinya mencakup layanan rehabilitasi rawat jalan terhadap pecandu dan korban penyalahguna Narkotika dan Prekusor Narkotika, serta penyediaan pembiayaan dan pembinaan serta fasilitas rawan jalan bagi pecandu Narkotika dan pelaporan layanan rehabilitasi yang telah dilaksanakan menjadi tanggung jawab BNNP Malut sebagai pihak pertama dan RSUD Jailolo sebagai pihak kedua.

Didampingi  Asisten I Bupati Markus Saleky, S.Sos, Kadis Kesehatan Rosfintje Kalengit dan Direktur RSUD dr. Syahrullah Rajiloen, kepala BNNP Malut juga melakukan monev kepada lembaga rehabilitasi masyarakat Klinik Annalevi di Jailolo dan mendapati layanan rehabilitasi terhadap pecandu dan penyalah guna Narkoba telah dilakukan kepada 10 klien pecandu.

Kepala BNNP juga menemukan kendala minimnya SDM dan jarak yang ditempuh klien pecandu yang tinggal di desa dan sulit ke klinik di Jailolo, khusus masalah minimnya SDM. Benny berjanji akan ditindaklanjuti BNNP melalui pelatihan sesuai kebutuhan klinik.

“Dengan adanya sarana rehabilitasi rawat jalan baik di RSUD maupun di klinik Annalevi, saya berharap ada kesadaran keluarga atau melaporkan diri bagi pecandu Narkoba sehingga akan dirawat gratis dan tidak perlu ke BNNP Malut,” ungkap Benny.

Selain melaksanakan kunker tersebut, Kepala BNNP Malut  menyempatkan waktu bersilaturahmi  ke Kedaton Kesultanan Jailolo di Bukit Tagalaya, Desa Soakonora. Kedatangannya disambut langsung Sultan Ahmad Abdullah Sjah beserta isteri.

Kunjungan Kepala BNNP Malut ke Kesultanan Jailolo.

Dalam pertemuan itu, Kepala BNNP Malut menyampaikan harapannya agar pelaksanaan program P4GN mendapat dukungan pihak kesultanan maupun pemerintah daerah.

Di kesempatan tersebut pula Sultan Abdullah Sjah mengapresiasi kunjungan tersebut dan menyatakan dukungan atas pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten Halbar.(humas/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!