Deprov Malut Ungkap Dugaan Pungli Kadikbud Imran Yakub

SOFIFI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara (Malut) mengungkap adanya dugaan kuat pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut, Imran Yakub.

Imran disebutkan kerap melakukan pemotongan sekitar 10 persen Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima masing-masing sekolah tingkat SMA di 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Malut.

Hal ini dibeberkan oleh Sekertrias Komisi III Deprov Malut, Sahril Tahir, Rabu (12/09/2018).

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, dari hasil penelusuran pihaknya rata-rata tiap sekolah yang memperoleh kucuran dana untuk proyek diminta untuk menyetor potongan senilai Rp 8 juta hingga Rp 10 juta kepadanya.

“Proyek pembangunan maupun rehabilitasi itu kan sudah dianggarkan dalam DAK, akan tetapi dia (Kadikbud) masih meminta sejumlah uang dari proyek tersebut,” ungkap Sahril.

Dikatakan, modus yang dipakai oleh Imran pada setiap aksi punglinya itu berlangsung ketika pengambilan gambar rancangan dari proyek yang akan dibangun.

“Harusnya proyek ini tidak perlu diberikan, karena untuk anggaran operasional pun telah diatur, sehingga tidak boleh ada pemotongan apapun juga,” ujarnya.

Tak hanya itu lanjut Sahril, pungli yang dilakukan Imran juga dialami oleh guru-guru yang berstatus PNS setiap kali melakukan pengurusan kenaikan pangkat.

“Kami menemukan untuk pengurusan kenaikan pangkat juga diminta, kita akan proses ini sehingga tidak ada lagi yang seperti ini,” tegasnya.

Untuk memuluskan aksi punglinya tersebut, Imran pun tak tanggung-tanggung mengancam para kepala sekolah atau guru akan dipindahkan ke tempat tugas yang jauh jika tidak memberikan uang yang telah dipatok olehnya.

“Kepala sekolah diancam dipindahkan ke tempat lain apabila tidak menuruti keinginannya (Imran),” pungkasnya.(azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Komisioner Bawaslu Malut diperiksa Terkait Dugaan Suap Pilkada

Kam Sep 13 , 2018
SOFIFI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara (Malut) mengungkap adanya dugaan kuat pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut, Imran Yakub. Imran disebutkan kerap melakukan pemotongan sekitar 10 persen Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterima masing-masing sekolah tingkat SMA di 10 […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!