Pulau Taliabu dijatahi CPNSD Terbanyak, Berikut Formasinya

  • Whatsapp

BOBONG – Sebagai Daerah Otonomi baru (DOB) Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut) nampaknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, terutama soal pemenuhan kebutuhan pegawai negeri sipil (PNS).

Buktinya, Kabupaten Pulau Taliabu mendapat jatah kuota Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) terbanyak dari 9 kabupaten/kota lainnya di Malut pada tes CPNSD Tahun 2018 ini, yakni sebanyak 450 kursi.

Hal ini disampaikan Asisten I Setda Pulau Taliabu, Hi. Syamsuddin Ode Maniwi, Senin (10/9/2018).

Dia mengatakan, kendati kuota yang diterima itu kurang dari usulan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (KemenPAN-RB) yakni sebanyak 750 kursi, namun pihaknya tetap bersyukur dengan jumlah kuota yang telah diberikan.

Melalui penerimaan kuota tersebut, Syamsuddin pun menepis isu hoaks yang beredar di masyarakat terkait tidak adanya jatah tes CPNSD 2018 untuk Pulau Taliabu.

“Jadi sejumlah situs yang diedarkan dan mengatakan kalau Pulau Taliabu tidak mendapat jatah formasi CPNSD itu semua hoaks. Karena, jatah yang diusulkan sebanyak 750 kursi diberikan 450 kursi dan jatah ini merupakan yang terbanyak di Provinsi Maluku Utara,” tegasnya.

Mantan Plt. Sekda Pulau Taliabu ini, menjelaskan, dirinya baru saja mendapatkan informasi kalau tes akan berlangsung di Bobong, dan pendaftaran secara online akan dimulai pada tanggal 19 September 2018.

Sementara untuk pengumuman SKD pada tanggal 16 Oktober 2018, pelaksanaan tes pada tanggal 20 Oktober 2018 dan pengumuman jatuh pada tanggal 30 November.

“BKD pun telah menyiapkan sejumlah perangkatnya untuk lokasi tesnya nanti,” ujar dia.

Dijelaskan pula, formasi CPNSD untuk Pulau Taliabu yakni, tenaga guru sebanyak 296 kursi, tenaga kesehatan 113 kursi dan sisanya tenaga teknik 41 kursi.

“Jadi ada tiga formasi yang diterima yakni guru, kesehatan dan tehnik,” tandasnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan data kuota penerimaan tes CPNSD Kabupaten/Kota di Malut diantaranya Kabupaten Halmahera Tengag 267 kursi, Kota Ternate 112 kursi, Kabupaten Halmahera Barat 226 kursi, Kota Tidore Kepulauan 250 kursi, Kabupaten Halmahera Utara 250 kursi, Kabupaten Halmahera Selatan 240 kursi, Kabupaten Halmahera Timur 273 kursi, Kabupaten Kepulauan Sula 223 kursi, Kabupaten Pulau Morotai 245 kursi dan Pulau Taliabu 450 kursi.(tim/azk)

Pos terkait