Senin, September 27, 2021
Home > MALUT > Urus PRONA Lebih Terjangkau, Pemkab Taliabu Koordinasi dengan BPN

Urus PRONA Lebih Terjangkau, Pemkab Taliabu Koordinasi dengan BPN

BOBONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu bakal berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wilayah Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu terkait pengurusan Proyek Nasional Agraria (PRONA) untuk masyarakat.

Sesuai rencana, melalui koordinasi itu Pemkab mengharapkan adanya penetapan pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang terjangkau bagi masyarakat kurang mampu yang ingin memiliki sertifikat tanah melalui PRONA.

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pulau Taliabu, Irwan Mansur, Minggu (09/09/2018) menuturkan, pihaknya bahkan bakal berupaya agar tidak semua warga penerima sertifikat tanah melalui PRONA dikenakan BPHTB.

”Pemkab Pulau Taliabu masih akan melakukan koordinasi terkait pajak PBB dan BPHTB atas penertibatan sertifikat melalui prona tersebut,” katanya.

Lebih lanjutnya, di dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan UU Nomor 21 Tahun 1997 tentang BPHTB tertuang Nilai Pajak. Pemkab Taliabu Berkoordinasi dengan BPN tentang besaran nilai yang dikenakan pajak sebesar 5 persen dari transaksi tanah, termasuk jual beli, warisan dan lain sebagainya.

“Dalam UU Nomor 28 Tahun 2009 pasal 80 tarif Pajak Bumi dan Bangunan sebesar 0,3% begitu juga dengan pasal 88 tarif Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan sebesar 5%,” jelasnya.

Sedangkan kata dia, untuk persoalan tanah milik Pemkab untuk disertifikasi agar supaya mudah diinventarisasi, pengamanan dan percepatan pembangunan. Terlebih lagi Pemkab Pulau Taliabu bakal banyak melakukan penyediaan tanah, pengadaan tanah, dan pembebasan tanah.

“Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembangunan dan menjadi bukti yang jelas untuk Pemkab sendiri,” tandasnya.(tim/azk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!