BAPPEDA Kepsul Gandeng BPS dan Diskominfo Canangkan Sistem Pelayanan Berbasis Satu Data

SANANA – Dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat utamanya untuk kebutuhan informasi pembangunan daerah baik Infrastruktur maupun ekonomi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kepulauan Sula (kepsul) menyusun rencana mennyediakan sistem pelayanan terintegritas berbasis satu data.

Rencana ini dibahas dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula Setda Kepsul, Jum’at (7/9/2018) kemarin, BAPPEDA Kepsul melibatkan beberapa pihak diantaranya, Badan Pusat Statistik (BPS) Kepsul dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo).

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan salah satu perencanaan projek perubahan, setelah saya mengikuti kegiatan BPSDMD di Provinsi Jawa Tengah kemarin. Jadi kami diminta untuk mengimplementasikan projek perubahan yang berinovasi menjadi kebutuhan masyarakat di daerah,” kata Kepala BAPPEDA Kepsul, Syafrudin Sapsuha.

Menurutnya, kegiatan dan rencana program ini berangkat dari kondisi ketersediaan data dan pengelolaan yang kurang memadai di Kepsul. Hal ini yang menjadi tekad dasar bagi Syafrudin untuk merealisasikannya.

Lanjut Syafrudin, kondisi Kabupaten Kepsul saat ini penyediaan data informasi terbilang masih kurang. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik wilayah yang masih sulit, kualitas SDM perencana yang masih kurang serta evaluasi yang belum optimal.

“Untuk itu, kami akan berupaya sebisa mungkin dalam penyediaan data secara baik, hal ini akan dilakukan dengan membuat portal khusus pemda yang menghimpun informasi pembangunan daerah, membangun koordinasi secara baik, menyediakan SDM yang cukup serta evaluasi untuk perencanaan lebih lanjut yang baik,” cetusnya.(ano/red)

Pos terkait