Rabu, Oktober 27, 2021
Home > MALUT > Target APBD-P Pemkab Taliabu Sebesar Rp.615,839 Miliar

Target APBD-P Pemkab Taliabu Sebesar Rp.615,839 Miliar

BOBONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu dan DPRD telah melakukan penandatangan nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun Anggaran 2018, Senin (3/9/2018).

Penandatanganan tersebut melalui Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Pulau Taliabu, Moh. Nuh Hasi, S.Pd, didampingi Wakil Ketua Pardin Isa, S.Sos, Ridwan Soamole. Hadir dalam paripurna itu  Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus, Plt. Sekda Pulau Taliabu, Forkopimda  serta Piminan OPD, Camat Taliabu Barat, Pimpinan Perusda.

Penandatangan nota kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2018 tersebut ditandatangani oleh Bupati Pulau Taliabu Hi. Aliong Mus,  bertindak selaku dan atas nama Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu sedangkan Ketua DPRD Moh. Nuh Hasi, S.Pd didampingi Wakil Ketua Pardin Isa, S.Sos, Ridwan Soamole, bertindak selaku dan atas nama DPRD Pulau Taliabu.

Ketua DPRD dalam sambutannya mengatakan, kesepakatan KUA dan PPAS perubahan APBD tahun anggaran 2018 ini benar-benar dapat memberikan kontribusi terhadap kelangsungan pembangunan di Kabupaten Pulau Taliabu.

Sementara itu, Bupati Pulau Taliabu, Hi. Aliong Mus berharap agar, kebersamaan yang dilandasi saling pengertian yang positif terus dijaga demi kepentingan rakyat dan pembangunan di Kabupaten Pulau Taliabu.

“Kerjasama dan koordinasi sebagai mitra yang setara dalam penyelenggaraan pembangunan daerah yang terus terpelihara, menjadi harapan kita dalam pelaksanaan berbagai kegiatan agenda pembangunan, begitupun Pembahasan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2018 yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu,” harapnya.

Lebih lanjut Aliong menjelaskan, nota Keuangan Ranperda atas APBD Perubahan telah disesuaikan dengan arah kebijakan pokok pembangunan Kabupaten Pulau Taliabu yang merupakan prioritas dan tertuang dalam kebijakan umum perubahan APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2018.

”Rancangan APBD Perubahan di target Rp. 615,839 miliar, PAD Rp. 59,6 miliar, Dana Perimbangan Rp. 469,4 miliar, Lain-Lain Rp. 86,7 miliar dan Belanja daerah Rp. 670.339 miliar guna menunjangkepentingan pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu,” paparnya.

Hal ini terkuat dalam penyampaian pandangan umum anggota dewan  dan pada saat hearing pembahasan antara Badan Anggaran Legislatif dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah tentang keterkaitan antara aspek belanja dengan indikator dan tolok ukur kinerja dari kegiatan yang akan dilaksanakan, telah dilakukan pembahasan secara transparan dan akuntabel dalam suasana saling memahami  tugas dan fungsi kedua lembaga.

Diakhir sambutannya, Aliong mengatakan dengan usainya penandatanganan nota kesepakatan KUA PPAS Perubahan Tahun 2018 dengan DPRD ini akan ditindaklanjuti dengan melaksanakan pembahasan dengan TPAD dan diharapkan dari pembahasan ini nantinya tidak ada berbeda pada saat pembahasan terdahulu.

“Kita harapkan secepatnya dilakukan pembahasan secara bersama, agar supaya lebih cepat dijadikan perda APBD Perubahan,” harapnya lagi.(tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!