Lurah Togafo Resmikan Teras Cerdas dan Pameran Hasil Pengembangan Produksi Desa

TERNATE – Lurah Togafo telah meresmikan rumah baca kelurahan Togafo yang dinamakan Teras Cerdas. Ini merupakan program mahasiswa KKN-PPM UGM 2018, Kamis (2/8/2018) kemarin.

Rumah baca yang diinisiasi oleh mahasiswa peserta KKN-PPM UGM 2018 ini bermaksud untuk memfasilitasi ruang belajar publik yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan di kelurahan Togafo.

“Harapan kami, Teras Cerdas bisa menjadi learning space sekaligus learning center kelurahan Togafo sehingga meskipun adik-adik pulang pertanda jam belajar formal usasi, Teras Cerdas bisa mewadahi semangat belajar adik-adik di kesehariannya. Karena kami yakin, pendidikan menjadi faktor penting dalam peningkatan kualitas hidup warga,” jelas Ridho, Koordinator Tim Teras Cerdas, dalam sambutannya pada presmian Teras Cerdas.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan plakat peresmian yang dilakukan oleh lurah Togafo dan koordinator mahasiswa unit KKN-PPM UGM.

Di dalam Teras Cerdas terdapat beberapa fasilitas seperti perpustakaan mini, alat bermain anak-anak, poster informasi dan wawasan umum.

Selepas peresmian Teras Cerdas, Mahasiswa peserta KKN-PPM UGM melakukan presentasi, menyampaikan hasil kegiatan mereka yang dilakukan selama 50 hari di kelurahan Togafo.

“Alhamdulillah, semua program yang dahulu kami sosialisasikan berjalan dengan lancar. Ada sekitar 48 program yang sudah kami jalankan yang beberapanya jadi program unggulan,” terang Yusuf didampingi Reza sebagai koordinator mahasiswa sub-unit dalam presentasinya.

Yusuf dan Reza menjelaskan, beberapa produk unggulan seperti pembuatan kelompok kreatif kelurahan yang memproduksi sirup pala, abon ikan dan nugget ikan.

Tim KKN-PPM UGM juga berhasil membuat peta yang memuat informasi penting kelurahan Togafo seperti persebaran lansia, balita serta ibu hamil.

Dalam sektor agro, tim KKN-PPM UGM juga berhasil membuat sistem pertanian terpadu aquaponic yang terintegrasi dengan kolam yang ada di Kantor Lurah Togafo.

Diakhir acara, mahasiswa peserta KKN-PPM UGM menyelenggarakan pameran hasil kegiatan yang dihadiri oleh masyarakat kelurahan Togafo.(tim/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Aliong Minta Maksimalkan Target Imunisasi Campak dan Rubella

Jum Agu 3 , 2018
TERNATE – Lurah Togafo telah meresmikan rumah baca kelurahan Togafo yang dinamakan Teras Cerdas. Ini merupakan program mahasiswa KKN-PPM UGM 2018, Kamis (2/8/2018) kemarin. Rumah baca yang diinisiasi oleh mahasiswa peserta KKN-PPM UGM 2018 ini bermaksud untuk memfasilitasi ruang belajar publik yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan di kelurahan Togafo. […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!