Senin, September 27, 2021
Home > MALUT > Kota Ternate > Ekspor Ore Nikel Dongkrak Bea Keluar di Malut Lampaui Target

Ekspor Ore Nikel Dongkrak Bea Keluar di Malut Lampaui Target

TERNATE – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Ternate mengabarkan hingga akhir Juli 2018 ini telah berhasil memenuhi target realisasi satu tahun penerimaan bea keluar.

Tidak hanya penuhi target, nominal realisasi yang peroleh dari bea keluar pun terbilang fantastis. Pasalnya, dari target realisasi Rp 60 miliar yang dibebankan untuk tahun 2018 ini, yang telah dicapai malah berkali-kali lipat, yakni Rp 229,7 miliar.

“Hal ini terjadi karena banyaknya ekspor ore (nikel, red) yang melebihi kuota karena ada beberapa titik diantaranya Obi ada 3 perusahaan kemudian di Gebe ada 1 perusahaan dan Buli ada 1 perusahaan dan rata-rata dari perusahaan,” Yuyu Mulyana, Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis KPPBC Ternate, Senin (30/07/2018).

Menurutnya, dengan ekpor yang melebih target khususnya pada bea keluar, maka sudah pasti tahun depan beban target akan dinaikkan.

“Sudah pasti kenaikan bakal dilakukan karena kantor pusat akan menetapkan target dilihat dari realisasi tahun ini,” katanya.

Sementara itu hal sebaliknya terjadi pada realisasi bea masuk, yang dari beban target sebesar Rp 12,5 miliar tahun ini baru dicapai Rp 6,2 miliar per bulan Juli ini.

Meski begitu kata Yuyu, capaian untuk bea masuk cukup proposional. “Kita masih optimis untuk capai target hingga akhir tahun, dari beban yang diberikan sebasar Rp12,5 Miliar tersebut,” pungkasnya.(can/azk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!