Ikan Tuna Malut Masuk Pasar Jepang

TERNATE – Dalam rangka memperkenalkan potensi kelautan Provinsi Maluku Utara ke dunia internasional, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Ternate kembali melakukan ekpor komoditas ikan Tuna sebesar 511,8 kilo garam (kg) ke osaka Jepang untuk Alpha Marine Japindo Co.Ltd.

Plt Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Ternate, Rusdianto kepada awak media, Jumat (27/7/2018) menyampaikan, ekspor kali ini ditanggulangi CV. Tuna Kei Raha sebagai ekportir.

Untuk jenis ikan yang di ekspor, dirinya menyebutkan ada daging ikan tuna sirip kuning sebagai Fresh yellow fin tuna loin, nama latin (thunnus albacares). Ikan ini dipasar dunia merupakan ikan tangkapan samudera yang penting dan bernilai ekpor tinggi.

“Pada ekpor kali ini, ikan telah dipotong fillet dan dikirim dalam keadaan beku, karena ikan ini akan digunakan sebagai bahan dasar makanan sashimi di Jepang,” kata Rusdi.

Rusdi menjelaskan, ini merupakan ekspor ke dua yang dilakukan KPPBC Ternate melalui Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, setelah ekspor sebel Udang Fanme.

Dengan adanya Ekspor maka ini menjadi satu peningkatan, perekonomian dan peningkatan tenanaga kerja sehingga nantinya akan terjadi peningkatan baik Peningkatan Asli Daerah (PAD) maupun peningkatan dari sisi perpajakan.

Menurut Rusdi, Maluku Utara merupakan wilayah dengan hasil kekayaan alam yang luar biasa. Wilayah perairan Malut terbilang sangat besar, yaitu luas peraorannya sebesar 73 persen lebih. Sangat disayangkan apa bila tidak dimanfaatkan secara maksimal.

“Jepang menjadi Negara pilihan, dikarenakan Jepang merupakan negara transaksi dan menjadi salah satu Negara yang tertarik dengan produk dari wilayah Maluku Utara,” tandas Rusdi.(can/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polisi Amankan 3 Pelaku Bom Ikan di Perairan Obi

Sab Jul 28 , 2018
TERNATE – Dalam rangka memperkenalkan potensi kelautan Provinsi Maluku Utara ke dunia internasional, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Ternate kembali melakukan ekpor komoditas ikan Tuna sebesar 511,8 kilo garam (kg) ke osaka Jepang untuk Alpha Marine Japindo Co.Ltd. Plt Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Ternate, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!