Sebelum ke Mekkah, JCH Malut Laksanakan Ziarah di Madinah

SOFIFI – Sebanyak 47.610 jamaah calon haji (JCH) asal Indonesia saat ini telah berada di Madinah. Mereka kini masih menuggu waktu pemberangkatan ke Mekkah.

Sambil menunggu waktu pemberangkatan ke Mekkah, para JCH melakukan berbagai kegiatan di Madinah seperti arbain dan ziarah ke beberapa tempat.

Untuk JCH asal Maluku Utara (Malut), sebanyak 100 JCH wanita gelombang pertama tadi malam (waktu Arab) telah menyelesaikan ziarah di Raudhah dan subunya dilanjutkan dengan ziarah di seputar Masjid Nabawi.

LIHAT JUGA: Hingga Kini, Sudah 5 Jamaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci

Ada sejumlah tempat yang juga dikunjungi yakni, Pekuburan Baqi, Kuburan Nabi dan Raudhah, Masjid Al-Gamamah, Masjid Abubakar dan Masjid Ali serta Pasar Kurma.

“Kemudian sekitar jam 10 (waktu Arab) gelombang kedua ziarah ke Raudhah yangg diikuti oleh rombongan empat dibawah komando bapak Rizal Marsaoly,” ujar Kasi Informasi Haji Malut, Tahmid Abu Bakar ketika dikonfirmasi reporter maluttimes.com, Selasa (24/07/2018).

JCH asal Maluku Utara.

Lanjutnya, usai sholat djuhur, JCH kloter 8 yang tergabung dari Kabupaten Halsel, Halbar, Halteng dan Kepulauan Sula bagi jamah wanita diarahkan untuk berziarah ke Raudah, sedangkan yang laki-laki diarahkan untuk menuju Baqi atau makam dan masak di dekat Masjid Nabawi.

“Selain itu para jamaah kemudian diarahkan ke masjid Usman Bin Affan dan masjid Qamamah dan setiap selesai sholat subuh akan dilakukan mananasik di plataran Masjid Nabawi,” kata Tahmid.

Kemudian dijadwalkan pada 25 Juni 2018 besok (waktu Aarab)  JCH kloter 8 akan dilakukan manasik oleh konsultan ibadah Daker Madinah, Kartono (mantan direktur bina jamaaah).

Pagi tadi juga dilakukan visitasi kenkamar kamar jamaah oleh petugas kesehatan kloter 8 karena penempatan jamah dari lantai 1 sampai dengan lantai 13 dengan memanfaatkan potensi petugas yang ada baik petugas kloter dan TPHD berkerja saling bersama-sama memantau kondisi jamah haji.

Selain itu, pada 31 Juli 2018 nanti, sesuai schedule jamaah kloter 8 akan menuju Mekkah Arab Saudi setelah ba’da sholat subuh saat melengkapi arbainnya.

“Untuk kondisi jamah seluruhnya sehat hanya sebagian kecil yang butuh pengawasan serta jamaah yang tadinya sempat terganggu keseharan SD terlihat melaksanakan sholat subuh berjamaah dan ikut manasik haji,” terangnya.

“Dokter kloter dan perawat saat ini sedang ikut melaksanakan bimtek dinkantor sektor untuk menyatukan layanan kesehatan masing masing di setiap kloternya”.

Sementara untuk kloter 9 belum dapat kami laporkan menunggu informasi dari petugas TPIHi di Arab Saudi,” sambung Tahmid.(tim/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kades Talaga Halbar dilaporkan ke Jaksa

Sel Jul 24 , 2018
SOFIFI – Sebanyak 47.610 jamaah calon haji (JCH) asal Indonesia saat ini telah berada di Madinah. Mereka kini masih menuggu waktu pemberangkatan ke Mekkah. Sambil menunggu waktu pemberangkatan ke Mekkah, para JCH melakukan berbagai kegiatan di Madinah seperti arbain dan ziarah ke beberapa tempat. Untuk JCH asal Maluku Utara (Malut), […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!