Kisah Prajurit Lanal Ternate Jadi Wasit Bola Nasional

TERNATE – Tak ada yang menyangka kalau wasit yang memimpin laga Mitra Kukar Vs Arema Malang di ajang Liga Indoensia pada 27 Juli 2018 mendatang adalah seorang prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di Lanal Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Dia adalah Pelda Bek Bakar Muhammad, Nrp. 64209 dengan jabatan sebagai Danposal Togafo, Lanal Ternate. Ini merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa bagi institut TNI Angkatan Laut.

Bukan hanya menjalankan tugas sebagai abdi Negara saja, namun pria ini dipercayai sebagai wasit sepak bola di tingkat Nasional sekaligus mengharumkan nama daerah Maluku Utara dan TNI Angkatan Laut.

Kepada reporter maluttimes.com, Selasa (24/07/2018) siang tadi, pria kelahiran Tidore Kepualau 1 Mei 1974 ini mengisahkan jejak perjalanan dan pengalaman awal hingga bisa terpilih sebagai wasit di turnamen sepak bola resmi FIFA.

Mulanya, pada tahun 2000 ia bergabung dengan PS Angkatan Laut (PSAL) Lanal Ternate. Berkat pengalaman sepak bola tersebut, ia di ajak rekan-rekannya untuk pindah profesi menjadi wasit. Di tahun 2002 ia mengambil wasit C3 dan pada tahun 2005-2006 dinyatakan lolos ke wasit C1.

Pelda Bakar Muhammad.

“Semenjak menjadi wasit C1, saya langsung bertugas di devisi tiga hingga ke divisi pertama hingga naik ke laliga. Selain saya menjadi anggota militer, saya juga berprofesi menjadi seorang wasit, mulai dari tahun 2006 saya sudah menjadi wasit Nasional hingga sekarang,” tutur Bakar.

“Sudah banyak tampil sebagai wasit diantaranya pada tanggal 23 Juni 2018 kemarin menjadi wasit di Ambon, Provinsi Maluku untuk liga Indonesia dan tanggal 27 Juni 2018 menjadi wasit lagi di liga satu Mitra Kukar Vs Arema Malang dan itu live di Indosiar”.

“Karena tiap turnamen untuk tiap tahun kan banyak, sehingga selama turnamen saya bertugas terus, usai itu saya kembali menjalankan tugas seperti biasa menjadi anggota militer. Untuk dari kota Ternate baru saya sendiri yang membawa nama Maluku Utara,” ujar pria yang memiliki dua anak ini.

Menurutnya, untuk menjadi seorang wasit penuh tantangan. Namun yang diperolehnya ini berkat kemauan dan hobi, tanpa harus ada faktor keterpaksaan.

“Potensi di Malut itu sebenarnya banyak hanya saja masih banyak kekuranga seperti semangatnya kurang, kemauannya kurang, kalau di katakan faktor umur mereka masih muda-muda”.

“Justru saya ini yang umurnya sudah tidak muda lagi namun karena semangat juang sebagai anggota militer saya bersaing dengan seluruh wasit yang ada di Indonesia, dan setiap tahun kami selalu di tes, apabila masi mampu pastinya saja masi maju terus untuk memimpin,” tuturnya.

Ia berharap di Maluku Utara tumbuh generasi wasit untuk mengganti posisinya untuk bisa bersaing ditingkat Nasional bila mana dirinya sudah pensiun.

“Saya merasa bangga karena dari dinas angkatan laut sendiri sangat mendukung dan memberikan suport terutama senior saya Pasi Intel Lanal Ternate, Ventje sehingga saya bisa seperti ini. Saat saya menjadi wasit nasional saya di dunia militer berpangkat sersan dua, hingga sekarang saya berpangkat pembantu letnan dua,” cetusnya.

Sementara itu, Danlanal Ternate Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto mengapresiasi kepada anggotanya yang bisa berprestasi di luar bidang militer dan ini merupakan sebuah kebanggaan.

“Selaku anggota Lanal, saya sangat bangga beliau diakui sebagai wasit Nasional. Hal ini sangat jarang karena untuk  TNI Angkatan Laut bisa menjadi wasit Nasional,” katanya.

Ia menambahkan, TNI harus solidaya di bidang militer dan bisa bergiat dibidang di luar dari militer seperti wasit dan lainnya, “dan  ini salah satu sinergitas antara TNI dengan masyarakat sesuai dengan motto TNI dari rakyat dan untuk rakyat,” tandasnya.(ul/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sebelum ke Mekkah, JCH Malut Laksanakan Ziarah di Madinah

Sel Jul 24 , 2018
TERNATE – Tak ada yang menyangka kalau wasit yang memimpin laga Mitra Kukar Vs Arema Malang di ajang Liga Indoensia pada 27 Juli 2018 mendatang adalah seorang prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di Lanal Ternate, Provinsi Maluku Utara. Dia adalah Pelda Bek Bakar Muhammad, Nrp. 64209 dengan jabatan sebagai […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!