Kades Talaga Halbar dilaporkan ke Jaksa

JAILOLO – Kepala Desa (Kades) Talaga, Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kini harus berurusan dengan aparat penegak hukum karena diduga telah menyalahgunakan ADD Tahun Anggaran 2015-2016.

Dugaan ini terungkap ketika perwakilan tokoh masyarakat Desa Talaga yakni, Farid Kose didampingi dua rekannya, Andel Budang dan Isnain Esa mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Halbar, Selasa (24/07/2018) untuk memasukkan laporan aduan penyalahgunaan ADD tersebut.

Farid Kose mengatakan, dalam penggunaam ADD, ada beberapa item pekerjaan yang diduga fiktif karena dalam APBDes item pekerjaan dianggarkan namun tidak dikerjakan.

“Item pekerjaan yang dianggap fiktif adalah, pembangunan pagar Masjid Arahman desa Talaga, panjang 23 meter anggaran Rp 53 juta tapi tidak dikerjakan alias fiktif, Talud penahan tanah program tahun 2015, panjang 600 meter dengan anggaran Rp 150 juta, tapi pekerjaannya hanya 382 meter, Pembangunan Parit dianggarkan Rp 19.6500 juta tidak dikerjakan, pembangunan jalan setapak 55 meter tapi tidak dikerjakan,” papar Farid ketika ditemui di kantor Kejari Halbar.

Sementara itu, untuk tahun anggaran 2016, Pembangunan Dua buah Plat deker Anggaranya Rp 14 juta namun pekerjaan tidak sesuai RAB dan rehab pipa air dan mesin pompa dianggarkan Rp 113 juta tapi tidak dikerjakan alias fiktif.

“Jadi kami berharap Kejari segera melakukan penyelidikan, agar kasus tersebut bisa terungkap dengan jelas,” pintanya.

Terpisah, Kepala Kejari Halbar, A. A. G. Satya Markandeya ketika dikonfirmasi via telepon mengaku belum mengantongi laporan pengaduan tersebut sebab dirinya masih berada di luar daerah namun akan segera mengkrosceknya.

“Kalau benar sudah dimasukkan laporannya maka harus ditelaah dulu. Karena saat ini saya masi di luar daerah, jadi nanti saya telaah dulu soal laporannya itu,” singkatnya.(wn/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hingga Kini, Sudah 5 Jamaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci

Sel Jul 24 , 2018
JAILOLO – Kepala Desa (Kades) Talaga, Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kini harus berurusan dengan aparat penegak hukum karena diduga telah menyalahgunakan ADD Tahun Anggaran 2015-2016. Dugaan ini terungkap ketika perwakilan tokoh masyarakat Desa Talaga yakni, Farid Kose didampingi dua rekannya, Andel Budang dan Isnain Esa mendatangi kantor Kejaksaan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!