Kasus Narkoba di Malut Meningkat, Kota Ternate Paling Parah

TERNATE – Perkembangan kasus penyalahgunaan dan pengedaran narkoba di Provinsi Maluku Utara nampaknya sudah sangat darurat.

Buktinya, pada semester satu atau 6 bulan pertama di tahun 2018 ini sudah sebanyak 92 kasus narkoba yang ditangani oleh Polda Malut dan jajaran Polres.

Jumlah kasus tersebut mengalami peningkatan drastis jika dibandingkan dengan semester satu tahun 2017 yang hanya 43 kasus.

Dari 92 kasus barang haram tersebut paling banyak terjadi di Kota Ternate, yakni sebanyak 34 kasus.

“Polda menangani 42 kasus, Polres Ternate 34 kasus, Polres Halbar 2 kasus, Polres Tikep 5 kasus, Polres Halut 3 kasus, Polres Sula 3 dan Polres Morotai 3 kasus,” ungkap Kombes Pol Mirza Alwi Direktur Reserse Narkoba Polda Malut dalam press release di Mapolda Malut, Senin (23/07/2018)

Dijelaskan, dari 92 kasus narkoba itu telah diamankan pula 113 orang tersangka, terdiri dari 109 tersangka laki-laki dan 4 perempuan.

Jumlah tersangka ini pun meningkat lebih dari 100 persen jika dibandingkan dengan jumlah tersangka narkoba yang diamankan pada semester satu tahun 2017 yakni hanya 52 orang tersangka.

“Untuk kasus yang paling menonjol pada bulan Juli, yaitu pengungkapan jaringan bandar narkoba di Malut dengan barang bukti, 251,5 gram, pengungkapan tersebut dilakukan bersama Polda Sulsel,” ujar Mirza.

Lanjut Mirza, pada kasus narkoba terbaru itu pihaknya berhasil mengamankan pelaku sebanyak 2 orang yang ditangkap di Desa Gamsungi, Kabupaten Halmahera Utara yakni inisial AGT alias G (30) inisial RD alis R (24). Sementara satu pelaku lainnya yakni inisial CG masih buron dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Semua ini berhubungan dengan operasi pekat 2018, barang bukti yang disita 5 paket besar narkotika jenis shabu dengan berat 251,5 G gram, uang tunai Rp. 2,2 juta, satu buah dos, dan tiga buah handphone berbagai merek,” jelasnya.

Untuk para pelaku pada kasus narkoba terbaru itu dijerat dengan pasal 112 ayat (1) ayat (2) dan pasal 114 ayat (1), ayat (2) UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika, kategori bandar dan pengedar.(sm/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Enam Kasus Dugaan Korupsi Dalam Penyelidikan Kejati Malut

Sen Jul 23 , 2018
TERNATE – Perkembangan kasus penyalahgunaan dan pengedaran narkoba di Provinsi Maluku Utara nampaknya sudah sangat darurat. Buktinya, pada semester satu atau 6 bulan pertama di tahun 2018 ini sudah sebanyak 92 kasus narkoba yang ditangani oleh Polda Malut dan jajaran Polres. Jumlah kasus tersebut mengalami peningkatan drastis jika dibandingkan dengan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!