Penerapan Sistem Zonasi, SMK Negeri 8 Halteng Minim Siswa

WEDA – Penggunaan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018-2019 mulai diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Namun hal ini membuat sejumlah sekolah tertinggal dalam hal jumlah pendaftar siswa baru.

Seperti dialami oleh SMK Negeri 8 yang berada di Desa Fidi Jaya, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) hanya 68 siswa yang mendaftar.

Dengan jumlah siswa baru yang hanya 68 bagi SMK Negeri 8 Halteng itu tebilang minim dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya yang bisa mencapai 100 lebih siswa baru.

“Saat aturan yang diterapkan oleh Menteri Pendidikan terkait sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru tahun ini, di SMK N 8 Halteng hanya 68 siswa yang mendaftar di sekolah ini,” ungkap Kepala Sekolah SMK N 8 Halteng, Sudarwan Ilyas, Kamis (19/07/2018).

“Untuk sistem zonasi ini, khusus SMK saya rasa ini perlu di tinjau kembali karena SMK ini kan sekolah kejuruan dimana peminat itukan belum tentu di zona itu. Sehingga dengan sistem zona ini suka tidak suka siswa harus menerima konsekuensi bahwa dia harus mendaftar di zonanya masing-masing,” sambung Sudarwan.

Ia menambahkan, ini tentu bertentangan dengan UU dimana setiap warga negara berhak untuk mendapat pelayanan pendidikan yang berada di manapun. Sementara kondisi saat ini beda dengan sekolah umum SMA.

“Yang kami harapkan agar ditahun yang akan datang dihilangkan sehingga anak-anak diberi kebebasan untuk memilih sekolahnya berdasarkan dengan kompetensi dan minat bakatnya,” harap Sudarwan.(chm/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kejati Malut Kaji Kembali Barang Bukti Kasus Waterboom

Kam Jul 19 , 2018
WEDA – Penggunaan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018-2019 mulai diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Namun hal ini membuat sejumlah sekolah tertinggal dalam hal jumlah pendaftar siswa baru. Seperti dialami oleh SMK Negeri 8 yang berada di Desa Fidi Jaya, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!