Dua Komisioner Bawaslu Malut diperiksa Polisi

TERNATE – Sebanyak dua komisioner Bawaslu Provinsi Maluku Utara (Malut) diperiksa penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Malut, Kamis (19/07/2018).

Mereka masing-masing, Koordinator Devisi Hukum Aslan Hasan dan Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Masita Nawawi. Keduanya diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan anggaran SPPD Bawaslu Provinsi Malut tahun anggaran 2018.

Kepada sejumlah wartawan, Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Provinsi Malut, Aslan Hasan membenarkan dirinya menjalani pemeriksaan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Malut.

LIHAT JUGA: Polda Malut Periksa Ketua KPU dan Bawaslu, Ada Apa?

“Pemeriksaan itu terkait dengan klarifikasi berkaitan dengan dugaan penyalahgunaan anggaran SPPD dan materi pemeriksaan seputar itu dan yang ditanyakan itu berkaitan dengan bagaimana mekanisme pengelolaan anggaran di Bawaslu. Kemudian kita jelaskan, kalau anggaran itu kebijakan melekat di sekretariat,” kata Aslan ketika ditemui usai pemeriksaan.

“Semuanya kita jelaskan sesuai dengan prosedur dan nilai penggunaanya kita jelaskan sesuai prosudural,” sambungnya.

Aslan menambahkan, dalam pemeriksaan ia dicecar kurang lebih 11 pertanyaan. Begitu juga dengan Masita Nawawi.

“Pemeriksaan ini terkait dengan laporan oleh masyarakat tetapi kami tidak mengetahui siapa yang melaporkan. Proses penggunaan anggaran tahun 2018 masih berjalan tapi Krimsus sudah melakukan pemanggilan padahal tahapan Pilkada Maluku Utara masih berjalan,” ujar Aslan.

Menurut dia, kasus korupsi biasanya bisa ditangani jika ada hasil audit BPK dan tidak semudah itu juga jika ada temuan. “Karena ada mekanisme penyelesaian yang sifatnya administratif,” ujarnya lagi.

Terpisah, Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar ketika konfirmasi membenarkan adanya pemeriksaan dua Komisioner Bawaslu Provinsi Malut tersebut. “Iya ada pemeriksaan komisioner Bawaslu. Ini dalam tahap penyelidikan,” singkatnya.(ul/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Manchester United Klub Sepak Bola Terkaya Kalahkan Madrid

Kam Jul 19 , 2018
TERNATE – Sebanyak dua komisioner Bawaslu Provinsi Maluku Utara (Malut) diperiksa penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Malut, Kamis (19/07/2018). Mereka masing-masing, Koordinator Devisi Hukum Aslan Hasan dan Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Masita Nawawi. Keduanya diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan anggaran SPPD Bawaslu Provinsi Malut tahun anggaran 2018. Kepada sejumlah wartawan, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!