Senin, September 27, 2021
Home > MALUT > Halmahera Tengah > Bupati Edy : Tahun Depan Prioritaskan CJH Asli Halteng

Bupati Edy : Tahun Depan Prioritaskan CJH Asli Halteng

WEDA – Bupati Halmahera Tengah (Halteng) Edy Langkara memastikan pada musim haji tahun depan (2019) Calon Jamaah Haji (CJH) kontingen Halteng harus benar-benar asli warga Halteng.

Hal ini disampaikan Bupati Edy saat secara resmi membuka kegiatan pelatihan dan pembinaan manasik haji bagi 69 orang CJH kontingen Halteng, di aula Kantor Bupati, Selasa (17/07/2018).

Orang nomor satu di Halteng itu menegaskan, pihaknya melalui instansi terkait harus lebih fokus melakukan seleksi penerimaan CJH. Pasalnya, dari tahun ke tahun kouta CJH kebanyakan bukan warga asli Halteng.

“Saya berharap kedepan pemda melalui bagian kesra dan dinas capil harus membentuk tim. Pembentukan tim ini agar bisa turun ke masing-masing desa di Halteng untuk mengkroscek peserta calon haji yang mendaftarkan diri, sehingga bisa diketahui betul-betul masyarakat Halteng,” ujarnya.

Meski begitu kata Edy, warga yang bukan asli Halteng tetap diakomodir asalkan sudah lama menetap di Halteng.

“Ini untuk memastikan masyarakat Halteng pada khususnya bisa mendapatkan kuota haji yang lebih banyak lagi,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelatihan dan Pembinaan Manasik Haji Kabupaten Halteng, Yusup Hasan mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai pembekalan diri bagi para CJH.

“Sehingga ketika tiba di tanah suci mereka (CJH, red) bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar, serta sehat sampai kembali ke kampung halaman masing-masing,” timpalnya.

Ia pun menambahkan, instruksi bupati terkait prioritas CJH asli Halteng akan dilaksanakan tahun depan dengan dibentuknya tim untuk pendataan CJH.

“Sesuai dengan intruksi bupati tahun depan akan dibuat tim agar melakukan pendataan penerimaan calon jamaah haji di tahun berikutnya. Hal ini demi memperhatikan masyarakat Halteng,” tandasnya.(chm/azk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!