FPPHB Desak Jaksa Segera Periksa Bupati Halbar dan Sejumlah Anggota DPRD

TERNATE – Front Pemuda Peduli Halmahera Barat (FPPHB) kembali menggelar aksi unjukrasa di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Maluku Utara (Malut), Jln. Gelora Kie Raha, Kelurahan Stadion, Kecamatan Ternate Tengah, Senin (16/07/2018) pagi.

Dalam aksi itu, FPPHB mendesak Tim penyelidik Kejati Malut agar segera memanggil dan memeriksa Bupati Dani Missi dan sejumlah oknum anggota DPRD terkait dugaan penyalahgunaan dana pinjaman Pemda Halbar ke Bank BPD Cabang Jailolo senilai Rp. 159,5 Miliar yang konon dipergunakan bukan untuk kepentingan masyarakat.

“Ini bukan kali pertama kami lakukan aksi seperti ini tetapi sudah yang ketiga kalinya dan kami meminta Kejati Malut segera memanggil dan memeriksa Bupati Halbar dan sejumlah anggota DPRD terkait kasus pinjaman 159,5 miliar. Kami melihat bahwa Kejat Malut ini seakan-akan memperlambat penanganan kasus ini,” kata M. Idhar Bakri, kordinator lapangan (Korlap) ketika di temui di sela-sela aksi tersebut.

Menurtunya, bila kasus yang saat ini telah ditangani oleh Kejati adalah perbuatan melawan hukum maka semestinya segera dibijaki dengan cepat oleh aparat penegak hukum.

“Nah jadi praktek ‘korupsi’ pinjaman jangka menengah selama 3 tahun sebesar 159,5 miliar ini tidak melalui mekanisme sebagaimana diatur dalam PP No. 30 tahun 2011 tentang pinjaman pemda dalam proses pinjaman ke Bank BPD Cabang Jailolo. Ini juga terkesan adanya dugaan kong kali kong antara pemda halbar dan kepala Bank BPD,” ucap Idhar.

Lanjut dia, kasus yang diduga kuat melibatkan Bupati Danny Missy dan sejumlah oknum Anggota DPRD Halbar ini tak asing lagi di telinga masyarakat. “Tentunya masyarakat Halbar menanti kepastian hukum untuk terhadap Bupati Halbar dan beberapa anggota DPRD  dalam kasus tersebut,” katanya.

Ia menegaskan, FPPHB akan terus mengawal penanganan kasus terabut hingga puncak penahanan Bupati bersama kroni-kroninya. “Kami berharap Kejati dapat menseriusi dan mampu mengungkap fakta korupsi berjamaah tersebut secara transparan,” harapnya.(ul/red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BPOM Malut Sita Ratusan Picis Kosmetik Tanpa Izin Edar

Sel Jul 17 , 2018
TERNATE – Front Pemuda Peduli Halmahera Barat (FPPHB) kembali menggelar aksi unjukrasa di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Maluku Utara (Malut), Jln. Gelora Kie Raha, Kelurahan Stadion, Kecamatan Ternate Tengah, Senin (16/07/2018) pagi. Dalam aksi itu, FPPHB mendesak Tim penyelidik Kejati Malut agar segera memanggil dan memeriksa Bupati Dani […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!