Senin, September 27, 2021
Home > HUKRIM > Kejati Malut didesak Tangkap Bupati Danny Missy

Kejati Malut didesak Tangkap Bupati Danny Missy

TERNATE – Masa aksi Front Pemuda Peduli Halmahera Barat (Halbar) mendesak agar Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut) segera menangkap dan menahan Bupati Halbar Danny Missy.

Desakan masa tersebut menyusul adanya dugaan keterlibatan Bupati Danny dalam kasus dugaan korupsi pinjaman Pemkab Halbar senilai Rp 159,5 Miliar yang saat ini dalam penanganan Kejati Malut.

Koordinator aksi, M. Idhan Bakir dalam orasinya di depan Kantor Kejati Malut, Kamis (12/07/2018) mengatakan,  pinjaman Pemkab Halbar dalam jumlah fantastis pada Bank BPD Cabang Jailolo itu merupakan praktek korupsi karena dinilai cacat hukum.

“Praktek korupsi pinjaman Pemkab Halbar sebesar 159,5 Miliar ini cacat hukum atau lnprosedural karena tidak melalui mekanisme sebagaimana diatur” tegasnya.

Ia menjelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2011 tentang pinjaman daerah dan dalam proses pinjaman ke Bank BPD terkesan ada kong kalikong antara pemerintah daerah dengan DPRD Halbar.

“Untuk itu pihak Kejati segera periksa dan tangkap Bupati Halbar dan DPRD Halbar, sebab mereka secara terang terangan terlibat dalam kasus pinjaman dana senilai milaran rupiah,” pintanya.

Dia pun mengancam jika pihak Kejati tidak segera mengakomodir tuntutan tersebut maka pihaknya akan kembali melakukan aksi dengan masa yang lebih banyak lagi.

“Kami tidak segan-segan akan melakukan aksi susulan dengan kekuatan masa yang besar untuk memboikot Kejati Malut jika tuntutan ini tidak segera diakomodir,” pungkasnya.(ul/azk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!