Rabu, Oktober 27, 2021
Home > HUKRIM > Tipu Warga Ratusan Juta, Prajurit TNI-AL Gadungan ini Ditangkap

Tipu Warga Ratusan Juta, Prajurit TNI-AL Gadungan ini Ditangkap

LABUHA – Ngaku sebagai prajurit TNI-AL, seorang pria asal Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang beralamat di bilangan jalan perikanan RT003/RW003, Desa Malawai Kecamatan Sorong Manoi, Selasa (10/07/2018) Pukul 18.00 Wit ditangkap prajurit TNI-AL sungguhan dari Pos Lanal Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Dia adalah HM alias Edi. Pria 36 tahun ini ditangkap setelah melakukan aksi penipuan di Halmahera Selatan dengan mengaku sebagai prajurit TNI-AL.

Junaidy Rasyd (30) warga asal Bacan alamat Amasing Kota Barat adalah salah satu korban penipuan Humaedi. Korban diiming-imingi oleh Edi akan meloloskan ketiga anaknya menjadi PNS melalui tenaga honorer kategori dua (K2).

Edi kemudian meminta korban untuk memberi uang tebusan sebesar Rp 250 juta dan disanggupi oleh korban dengan catatan dibayar secara bertahap.

“Jadi pelaku ini mengaku sebagai anggota TNI-AL yang memiliki orang dalam di Jakarta, untuk meyakinkan korban,” kata Komandan Pos TNI-AL Bacan, Pelda SAA Ramly Achmad kerika dikonfirmasi malam tadi.

“Dari keterangan yang kami peroleh, pelaku pernah bekerja sebagai honorer di Lantamal XIV Sorong dari tahun 2014 sampai 2017, namun karena kejadian ini tersangka  berhenti bekerja sebagai honorer di lantamal XIV Sorong hinnga tertangkap di Bacan”.

“Penangkapan ini berdasarkan laporan dari korban. Maka diadakan penangkapan oleh tim Posal Bacan dan Pelaku sementara ini kami amankan di pos, selanjutnya akan kami bawa ke Polres Halmahera Selatan untuk diproses lebih lanjut,” terangnya.(ul/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!