Tim Hukum AGK-Ya Tuding Kecurangan Pemilukada pada 10 Kecamatan di Kepsul

TERNATE – Tim hukum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK-Ya) menuding terjadinya pelanggaran Pemilukada pada 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Menurut tim hukum pasangan nomor urut tiga ini, 10 kecamatan yang dimaksud yakni Kecamatan Sanana, Mangoli Tengah, Mangoli selatan, Mangoli Utara, Mangoli barat, Mangoli Timur, Sulabesi Selatan, Sulabesi tengah, Sulabesi Utara, dan Sulabesi Barat.

“Pelanggaran yang terjadi terkait dengan mekanisme cara pungutan suara. Misalnya pada TPS 1 dan 2, Desa Wai’ina petugas KPPS saat mendatangi pemilih yang sakit, tidak membawa kotak suara, dan hanya menggunakan kantong plastik dan tangan terbuka, ini jelas-jelas bertentangan dengan PKPU nomor 8 tahun 2018,” ungkap Fahruddin Moloko Tim Hukum AGK-Ya pada konferensi pers di posko AGK-Ya Keluaran Dufa Dufa, Ternate, Jumat (06/07/2018).

Selain itu kata Fahruddin, TPS 2 di Desa Malbufa, Kecamatan Sanana Utara kotak suaranya sebelum waktu pembukaan, telah dibuka pada pukul 11.00 WIT. Ini menurutnya juga melanggar PKPU nomor 8 tahun 2018.

“Ada juga terjadi di TPS 2 dan 3 di desa Wailau, Kecamatan Sanana, ada seseorang menggunakan hak pilihnya sampai dua kali, dan juga ada perbedaan tingkat kecamatan melalui Form DA.1 KWK dan Form C1. KWK dimana selisih yang terjadi hingga pada 27 suara, yang terjadi di TPS 2 Lek Sula, Kecamatan Mangoli Barat,” terangnya.

Tak hanya itu kata dia, di TPS 2 Desa Bajo, Kecamatan Sanana Utara petugas KPPS meminta sejumlah pemilih untuk menandai kertas suara.

“Berdasarkan sejumlah pelanggaran tersebut, tentang proses pelanggaran, pada pungutan suara, berdasarkan PKPU no 8 tahun 2018 pada pasal 59 ayat 2 ayat a, b, c, d, dan e,” tegasnya.

Menurutnya, semua pelanggaran itu sangat memungkinkan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).(red/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Aksi Simpatisan AGK-YA Berujung Bentrok

Sab Jul 7 , 2018
TERNATE – Tim hukum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK-Ya) menuding terjadinya pelanggaran Pemilukada pada 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul). Menurut tim hukum pasangan nomor urut tiga ini, 10 kecamatan yang dimaksud yakni Kecamatan Sanana, Mangoli […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!