Panwaslu Tetap Usut Dugaan Money Politic di Wasile Tengah

MABA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dan Gakkumdu terus menelusuri dugaan money politic (politik uang) yang dilakukan oknum tim sukses salah satu kandidat di desa Dorolamo, Kecamatan Maba Tengah saat tahapan pencoblosan, 27 Juni lalu.

Koordinator Devisi Hukum Panwaslu Haltim, Basri Suaib mengatakan, pihaknya bersama Gakkumdu sudah melakukan investigasi ke lokasi terkait dugaan pelanggaran pada Pemilukada Maluku Utara tersebut.

“Di sana ada tim yang menjelaskan bahwa uang senilai Rp 700.000 itu sebagai uang saksi dan makan minum saksi,” katanya.

Basri menambahkan, dalam investigasi yang dilakukan memang membenarkan pelaku atas nama AA  sebagai ketua tim pemenang salah satu kandidat.

“Itu juga di benarkan oleh ketua tim kecamatan, tetapi kita akan kroscek kebenarannya, begitu juga untuk orang yang menerima uang itu, apakah memang benar dia adalah saksi atau tidak dan mereka (tim) mengakui ada SK saksi juga,” Terangnya.

Meski begitu pihaknya akan memanggil oknum yang diduga melakukan money politic itu untuk dimintai klarifikasi di kantor Panwaslu Haltim dan juga penerima.

“Jadi kalau terbukti maka akan dipidanakan sebagaimana UU no  10 pasal 107  poin a tahun 2010 dengan ancanam pidana maksimal 3 tahun penjara dan denda Rp 200 juta,” tandasnya.(sr/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pleno Rekapitulasi Pemilukada Malut Bakal diamankan 600 Personil Gabungan

Kam Jul 5 , 2018
MABA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dan Gakkumdu terus menelusuri dugaan money politic (politik uang) yang dilakukan oknum tim sukses salah satu kandidat di desa Dorolamo, Kecamatan Maba Tengah saat tahapan pencoblosan, 27 Juni lalu. Koordinator Devisi Hukum Panwaslu Haltim, Basri Suaib mengatakan, pihaknya bersama Gakkumdu […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!