KIPP Siap Pantau Pilgub Malut

  • Whatsapp

TERNATE ā€“ Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Provinsi Maluku Utara (Malut) siap memantau Pemilihan Gubernur (Pilgub) Malut yang akan digelar pada 27 Juni 2018.

Hal ini di sampaikan ketua KIPP Malut, Nurdin Muhammad saat menyampaikan materi pada kegiatan Training Of Volunteers yang dihelat di Aula lantai empat Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate, Senin (25/6/2018).

“Intinya kehadiran KIPP di Malut bertujuan untuk fokus melakukan pemantauan terkait dengan proses pemilihan gubernur termasuk juga proses politik uang (Money Politik),” kata Nurdin di sela-sela acara tersebut.

Menurutnya, sejak kemarin hingga pagi tadi, suluruh relawan sudah dikerahkan untuk turun ke lapangan guna memantau proses jalannya pemilu di setiap kabupaten/kota hingga ke pelosok desa.

“Dari 10 kabupaten/kota kita akan kerahkan seluruh relawan, kemarin sebagian relawan sudah kita berangkatkan ke kabupaten kota, insyah Allah hari ini dan besok juga akan dikerahkan relawan untuk kabupaten kota yang terdekat,” ujarnya.

Ia menuturkan, saat ini marak isu soal permainan politik praktis oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga hal ini juga akan di pantau oleh KIPP sebagai upaya untuk menciptakan suasana politik yang aman damai dan bersih.

“Kita juga akan memantau penggiringan ASN pada calon calon terntentu, pantauan ini berlangsung sejak H-1 sampai pada hari pencoblosan dan jika ada temuan maka akan ada kosekuensi hukumnya,” tandasnya.(tim/red)

Pos terkait