Alien dan Hamid dituding Biang Kericuhan Internal Golkar Malut

TERNATE – Keputusan yang diambil oleh Ketua dan Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara (Malut) Alien Mus dan Hamid Usman terkait pemecatan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Kota Ternate dituding sebagai biang kericuhan di internal Golkar Malut.

Pemecatan terhadap Ketua DPD II Partai Golkar Halbar, Samad Moid disusul pemecatan Ketua DPD II Partai Golkar Kota Ternate, Abdul Gani Sangadji, ini dinilai sebagai keputusan yang ilegal alias cacat hukum.

Pasalnya, selain pengurus DPD I Partai Golkar Malut yang ditampuk oleh Alien Mus dan Hamid Usman saat ini dalam status quo, keputusan pemecatan tersebut juga dinilai menyalahi mekanisme organisasi yang berlaku di Partai Golkar.

Pengurus DPD I Partai Golkar Malut, Badaruddin Gailea yang menuding hal tersebut menjelaskan, saat rapat pleno pemberhentian Abdul Gani Sangadji beberapa waktu lalu, pengurus yang hadir tidak memenuhi qorum. Bahkan, sebagian yang hadir bukanlah pengurus atau kader Partai Golkar.

Disamping itu pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Alien Mus dan Hamid Usman ternyata tanpa persetujuan DPP Partai Golkar, yang kemudian keputusan itu telah dibatalkan oleh DPP Partai Golkar. Sementara pemecatan terhadap Samad Moid telah digugurkan oleh Mahkamah Partai itu tidak ditindaklanjuti oleh Alien Mus dan Hamid Usman hingga saat ini.

“Karena itu kami pengurus DPD I partai golkar yang ada saat ini menganggap itu tidak sah atau cacat hukum, bahkan ada yang berkeinginan membawa masalah ini ke ranah hukum yang lebih luas lagi,” ujar Badaruddin didampingi sejumlah pengurus lainnya dalam konferensi pers di Hotel Boulevard Ternate, Minggu (17/06/2018).

Selain itu menurut Badaruddin, sejauh ini Alien Mus dan Hamid Usman sama sekali tidak melaksanakan konsolidasi partai untuk memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar (AHM-Rivai). Sebab jika keduanya melaksanakan konsolidasi, tentunya tidak terjadi pemecatan yang berimbas pada kericuhan di internal Golkar Malut.

“Bahkan kita bisa menuduh bahwa Alien dan Hamid justru ingin mengalahkan Ahmad Mus dalam Pilkada ini. Ini sungguh fatal,” tegasnya.

Mantan Ketua Bidang Organisasi DPD I Partai Golkar Malut ini pun menduga jika Alien dan Hamid disetir oleh oknum di luar Partai Golkar untuk menghancurkan Partai Golkar Malut dan agar AHM-Rivai kalah dalam Pilkada Malut 2018 ini.

“Kalau sampai Ahmad Hidayat Mus kalah, maka orang yang paling bertanggung jawab adalah Alien Mus dan Hamid Usman, karena mereka lah yang membuat ricuh,” cetusnya.

Ia pun menyentil terkait konsolidasi 7 (tujuh) pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten/Kota sejak Januari 2018 lalu, yang menuntut agar Partai Golkar Malut menggelar Musda adalah hal yang wajar dan konstitusional. Sehingga sangat keliru jika ada pihak yang menilai konsolidasi tersebut sebagai upaya merusak Partai Golkar Malut.

Ditambahkan, atas permintaan 7 DPD II Partai Golkar Kabupaten/Kota pada 19 Maret 2018 lalu tim dari DPP Partai Golkar telah turun melakukan verifikasi terkait masalah di internal Partai Golkar Malut. Turunnya tim DPP itu yang membuat kepengurusan DPD I Partai Golkar Malut saat ini dalam status quo.

“DPP sudah turun dan saat ini dalam tahapan pengambilan keputusan,” pungkasnya.(azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Siarkan Piala Dunia 2018, LCO di Malut Harus Kontrak Hak Siar

Sen Jun 18 , 2018
TERNATE – Keputusan yang diambil oleh Ketua dan Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara (Malut) Alien Mus dan Hamid Usman terkait pemecatan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Kota Ternate dituding sebagai biang kericuhan di internal Golkar Malut. Pemecatan terhadap Ketua DPD II Partai […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!