Senin, September 27, 2021
Home > MALUT > Pembangunan RKB SMPN 1 Taliabu Tertunda, ini Penyebabnya

Pembangunan RKB SMPN 1 Taliabu Tertunda, ini Penyebabnya

BOBONG – Pembangunan ruang kelas baru (RKB) SMP Negeri 1 Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu hingga kini masih tertunda.

Kasubag Keuangan dan Perencanaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Pulau Taliabu, M. Natsir Rerry menjelaskan, penyebab tertundanya proses pembangunan RKB itu karena terjadi keterlambatan fisik yang disebabkan oleh realisasi anggaran tahap terakhir dibeberapa bidang penerima Dana Alokasi Kusus (DAK) 2017, salah satunya bidang pendidikan yang tidak terrealisasi.

“Itu menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan untuk menyelesaikannya dengan memploting anggaran dana alokasi umum untuk menyelesaikan pekerjaan fisik tahap terakhir,” ujar M. Natsir, Minggu (03/06/2018).

Lanjutnya, proses pencairan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama 30 persen, tahap kedua 25 persen, tahap ketiga 25 persen dan tahap ke empat 20 persen dari pagu anggaran yang dialokasikan.

“Jadi pekerjaan tersebut bukan tidak diselesaikan tapi hanya persoalan tekhnis saja,” katanya.

Sekedar diketahui, pembangunan RKB SMPN 1 Taliabu Barat Laut di Desa Salati dianggarkan melalui Dana Alokasi Kusus (DAK) tahun 2016. Dimana pekerjaan berbentuk swakelola oleh pihak sekolah yang pencairannya baru mencapai 80 persen dari pagu anggaran sebesar Rp 530.875.000 oleh CV Taba Prima.(ist/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!