Muksin : Politik Uang Bisa Dipidana Tiga Tahun

TERNATE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut), mengingatkan masyarakat utamanya tim sukses pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, untuk tidak menggunakan politik uang sebagai strategi pemenangan kandidatnya.

“Hukuman dan sanksinya berat sebagaimana vonis pengadilan Ternate pada salah satu pelaku politik uang yakni ganjaran tiga tahun penjara, sebagaimana diatur dalam perundangan-undangan, hukumannya memang minimal tiga tahun dan maksimal enam tahun,” kata Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin, dikutip dari Tajuktimur.com, Senin (04/06/2018).

Dia mengatakan, biasanya menjelang pelaksanaan hari H pemungutan suara, terindikasi akan marak dengan praktek kecurangan termasuk politik uang. Bawaslu sendiri kata Muksin, tetap tidak akan mentolerir segala pelanggaran apalagi yang bersifat politik uang.

“Barusan ada juga yang sudah ditahan aparat kepolisian dengan dugaan politik uang. Sebaiknya dihindari, sanksinya pun tidak hanya bagi pemberi, tapi si penerima pun bisa dipidana,” ujarnya.

Muksin menjelaskan, ada perbedaan dalam penganan pelanggaran administrasi antara Pilkada dan Pemilu, sehingga pengawas pemilu diharapkan dapat memahami mekanisme dan aturan penanganan peloanggaran.

“Itulah mengapa semuanya harus ikut Rakernis ini karena ketiga komisioner akan menjadi majelis sehingga pengetahuan tentang teknis penanganan pelanggaran harus dipahami oleh ketiganya,” ujarnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HMI Teliti Dugaan Penyalahgunaan Anggaran 507 Miliar Pemprov Malut

Sen Jun 4 , 2018
TERNATE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut), mengingatkan masyarakat utamanya tim sukses pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, untuk tidak menggunakan politik uang sebagai strategi pemenangan kandidatnya. “Hukuman dan sanksinya berat sebagaimana vonis pengadilan Ternate pada salah satu pelaku politik uang yakni ganjaran tiga tahun penjara, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!