Bupati Aliong Larang Camat dan Kades Hadiri Undangan DLH Malut

BOBONG – Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus melarang para camat dan Kepala Desa (Kades) Kabupaten Pulau Taliabu untuk menghadiri undangan Dinal Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Menurutnya, undangan DLH Malut yang dikirim kepada sejumlah Camat dan Kades terkait pelaksanaan rapat komisi dan tim teknis  penilaian dokumen ANDAL, RKL, dan RPL serta rencana usaha hasil hutan kayu dalam hutan alam (IUPHHK-HA) di Kabupaten Pulau Taliabu oleh CV Anugerah Alam Abadi patut ditolak sebab terkesan tidak menghargai pemerintah daerah selaku pemilik wilayah.

Bahkan, ANDAL yang akan dinilai oleh DLH sudah ditolak. “Saya selaku kepala pemerintah kabupaten pulau taliabu merasa tersinggung, sebab camat dan kepala desa diundang tanpa sepengetahuan pemerintah daerah,” ujar Bupati Aliong kepada sejumlah wartawan di kediamannya, Minggu (03/06/2018).

“Memang benar ijin untuk mengurus andal sudah dikeluarkan oleh kementerian terkait selama 150 hari. Namun, sudah lebih lebih dari 150 hari maka andal tersebut ditolak,” sambungnya.

Sang bupati memastikan, camat dan kades yang dapat undangan dalam acara tersebut, yakni Camat Taliabu Utara, Taliabu Barat, Taliabu Barat Laut dan Camat Lede, dan 30 Kepala Desa, tidak akan menghadiri acara yang akan di laksanakan pada 5 juni 2018 nanti.

“Acara ini saya anggap sebagai acara ilegal, daerah ini ada pemerintah daerahnya, dan andal ini adalah kewenagannya pemerintah kabupaten. Maka tidak boleh ada satu pun (camat dan kades) yang mnghadiri undangan itu,” tegasnya.

Ia juga mempertanyakan sikap DLH Malut yang tidak berkoordinasi, terlebih lagi persoalan ini berada di wilayah Kabupaten.

“Saya pada hari ini, akan perintahkan kabag hukum untuk membawa surat penolakan ini, ke ternate sampai kepada kementrian lingkungan hidup dan BKPM di jakarta,” tegasnya lagi.(tim)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Bahrain Buka Sosialisasi GISA Kependudukan Tahun 2018

Sen Jun 4 , 2018
BOBONG – Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus melarang para camat dan Kepala Desa (Kades) Kabupaten Pulau Taliabu untuk menghadiri undangan Dinal Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara (Malut). Menurutnya, undangan DLH Malut yang dikirim kepada sejumlah Camat dan Kades terkait pelaksanaan rapat komisi dan tim teknis  penilaian dokumen ANDAL, RKL, […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!