Diguyur Hujan, Tiga Desa di Taliabu Terendam Air

BOBONG – Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara dua hari terakhir mengakibatkan tiga desa terendam air. Puluhan warga terpaksa mengungsi, Rabu (30/5/2018).

Informasi yang dihimpun maluttimes.com menyebutkan, tiga desa yang terendam air setinggi lutut orang dewasa ini yakni, Desa Bobong, Desa Ratahaya dan Desa Kramat, Kecamatan Taliabu Barat. Genangan air ini terjadi akibat luapan sungai yang berada di Desa Wayo.

Kepala BPBD Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon mengatakan, pihaknya saat ini dalam proses penanganan para pengungsi dari tiga desa tersebut yang diungsikan ke lapangan sepak bola Desa Bobong.

Lanjut Sutomo, para pengungsi  akan diberi fasilitas berupa tempat tidur dan makanan serta sembako selama 7  hari. Hal ini dilaksanakan sesuai dengan keputusan cepat tanggap darurat.

“Untuk sementara data pengungsi korban banjir berasal di tiga desa tersebut dengan jumlah pengungsi 5  KK yang berjumlah 25 orang terdiri 14 orang dewasa dan 11 orang Anak-anak,” ungkapnya.

“Untuk mengantisipasi jangan sampai masih banjir susulan maka warga tetap ditempatkan disini hingga cuaca dan kondisi alam kembali normal, barulah dapat pulangkan ke rumah tinggal para warga,” sambung Sutomo.

Kini pihak BPBD terus memonitoring lokasi genangan air mengecek warga untuk diarahkan mengungsi bersama-sama dengan warga lainnya.

Sebab, dari hasil komunikasi pihak BPBD dengan BMKG bahwa curah hujan masih akan terus terjadi di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu hingga Agustus 2018 mendatang.

“Olehnya itu kami berharap kepada masyarakat untuk dapat mengamankan diri sementara di posko yang kami siapkan. Karena itu merupakan tanggung jawab Pemda Pulau Taliabu dalam hal ini BPBD Pulau Taliabu,” imbuhnya.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Asah Keterampilan, Kodim 1501/Ternate Gelar Latbak Jatri

Kam Mei 31 , 2018
BOBONG – Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara dua hari terakhir mengakibatkan tiga desa terendam air. Puluhan warga terpaksa mengungsi, Rabu (30/5/2018). Informasi yang dihimpun maluttimes.com menyebutkan, tiga desa yang terendam air setinggi lutut orang dewasa ini yakni, Desa Bobong, Desa Ratahaya dan Desa […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!