Kisah Bripka Amiruddin, Sang Guru Ngaji

Laporan: Ardian Sangaji, Ternate.

 

SORE itu, Rabu (23/05/2018) suasana di Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Khairiyah Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate, Kota Ternate, ramai dengan anak-anak santri.

Sesosok pria berseragam polisi dan berkopiah hitam terlihat diantara para santri. Dia sedang membagikan buku Iqra.

Anggota polisi berpangkat Bripka ini bukan sekadar numpang lewat dan berbagi dengan santri di TPQ itu.

Dia adalah Bripka Amiruddin, anggota Bhabinkamtibmas di Kelurahan Salero yang juga guru ngaji bagi anak-anak santri tersebut.

Setiap hari, Bripka Amiruddin dengan mengendarai sepeda motor dinasnya menempuh jarak sekitar 18 kilometer dari rumahnya yang terletak di Kelurahan Kalumata, Kecamatan Ternate Selatan menuju Salero.

Sebelum ke tempat tugasnya itu, ayah tiga anak ini mengikuti apel pagi di Mapolres Ternate.

Meski baru sekitar 10 bulan bertugas di Salero, namun Bripka Amiruddin sudah sangat akrab dengan masyarakat. Hampir setiap kali ada kegiatan sosial maupun keagamaan di kelurahan, Bripka Amiruddin selalu ikut berpartisipasi.

Keteladanan yang ditunjukkan anggota korps Bhayangkara yang satu ini, membuat masyarakat lebih merasakan kehadiran sosok polisi harapan. Dia memberikan arti perlindungan dan pengayoman terhadap masyarakat.

“Setiap ada kegiatan di lingkungan RT misalnya masyarakat merasa senang dengan kehadiran pak polisi ini. Beliau melakukan apa saja demi membantu masyarakat,” ujar Ibrahim, salah satu warga Salero.

Pria yang pernah menyandang Bhabinkamtibmas terbaik se-Kota Ternate Tahun 2017 itu, juga membuka beberapa perpustakaan mini yang diberi nama pojok baca.

Pojok baca dibuat sederhana dengan sebuah lemari kayu ukuran kecil yang diisi buku-buku tentang ajaran Islam ini ditempatkan di salah satu pangkalan ojek yang ada di Salero.

Sasarannya, buku-buku tersebut bisa memberikan tambahan wawasan keagamaan bagi tukang ojek atau warga yang memanfaatkan pojok baca tersebut.

“Hal ini akan saya lakukan terus menerus hingga saya pensiun dari kepolisian,” kata Bripka Amiruddin saat ditemui wartawan media ini.

Prestasi kerja yang ditorehkan Bripka Amiruddin ini menuai apresiasi pimpinannya di Polres Ternate, yakni Kapolres AKBP Azhari Juanda.

Dimata Kapolres AKBP Azhari, keteladanan anggotanya ini layaknya menjadi contoh bagi anggota polisi yang lain.

“Bagi anggota yang lain agar mencontohi apa yang sudah dilakukan Bripka Amiruddin ini,” timpal Kapolres.

“Beliau adalah contoh seorang polisi yang betul-betul menjalankan tugasnya, bukan sebagai profesi tapi dia mengabdi dan beramal,” sambungnya.

Orang nomor satu di Polres Ternate itu juga berharap agar Bripka Amiruddin tetap bekerja dengan ikhlas agar mendapatkan manfaat di dunia maupun akhirat.(***)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pegawai Honorer Dapat THR, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Ming Mei 27 , 2018
Laporan: Ardian Sangaji, Ternate.   SORE itu, Rabu (23/05/2018) suasana di Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Khairiyah Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate, Kota Ternate, ramai dengan anak-anak santri. Sesosok pria berseragam polisi dan berkopiah hitam terlihat diantara para santri. Dia sedang membagikan buku Iqra. Anggota polisi berpangkat Bripka ini bukan sekadar numpang […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!